Sejumlah Menteri Jokowi Terjerat Kasus Korupsi, Pesan Mahfud MD: Hati-hati!

Fajarpos.com
Fajarpos.com
Mahfud MD Hukum Tata Negara, Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta (Istimewa).

Jakarta – Sejumlah menteri di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terjerat kasus korupsi. Menko Polhukam, Mahfud MD, memberikan peringatan kepada menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) yang merasa korupsi harus segera berhati-hati.

Hingga saat ini, tercatat sudah ada enam menteri dan satu wakil menteri di era Jokowi yang pernah menjadi tersangka kasus korupsi.

Berikut adalah deretan menteri di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang terjerat kasus korupsi dari tahun 2019 hingga 2023:

  1. Juliari P Batubara, Menteri Sosial (Mensos), terjerat dalam kasus dugaan korupsi bansos Covid-19.
  2. Edhy Prabowo, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), menjadi target operasi tangkap tangan (OTT) KPK.
  3. Imam Nahrawi, Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), diciduk KPK dalam dugaan kasus suap terkait penyaluran pembiayaan dengan skema bantuan pemerintah melalui Kemenpora pada KONI Tahun Anggaran 2018.
  4. Idrus Marham, Mantan Menteri Sosial, juga terjerat kasus korupsi.
  5. Johnny G Plate: Menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika dugaan korupsi proyek menara BTS 4G.
  6. Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian, mengundurkan diri karena ingin fokus menangani dugaan kasus korupsi yang ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Mahfud MD menegaskan bahwa ini adalah fakta hukum dan sudah ditindak.

“Ya itu fakta hukum, harus ditindak dan sudah ditindak. Menurut saya, kita harus bertindak kepada siapapun dan yang belum tertangkap hati-hati agar tidak ditangkap.” ungkap Mahfud.

(*)