Spotify Sedang Lakukan Uji Coba Untuk Pengguna Menonaktifkan Rekomendasi yang dipersonalisasi

Fajarpos.com
Fajarpos.com
Spotify

Fajarpos.com, Tangsel – Spotify tampaknya sedang melakukan uji coba terkait opsi untuk menonaktifkan rekomendasi yang dipersonalisasi.

Berdasarkan laporan dari MacRumors yang merujuk pada kode yang terlihat dalam versi beta salah satu aplikasi Spotify, belum ada informasi detail tentang cara fitur ini akan berfungsi jika diluncurkan untuk pengguna.

Menurut Techradar, rekomendasi dipersonalisasi biasanya didasarkan pada riwayat dan kebiasaan pengguna dalam menggunakan platform Spotify.

Sebagian besar pengguna mungkin ingin tetap mengaktifkannya untuk mendapatkan rekomendasi musik yang sesuai dengan preferensi mereka. Tanpa personalisasi, rekomendasi yang diberikan mungkin bersifat umum, mencakup tren populer atau pilihan yang dibuat oleh tim Spotify.

Sejauh ini, tampaknya opsi ini akan menjadi tambahan opsional bagi pengguna, yang berarti rekomendasi yang dipersonalisasi tidak akan sepenuhnya hilang.

Fitur ini mungkin juga berguna jika ada orang lain (seperti anak-anak) yang menggunakan akun Spotify. Meskipun sebenarnya fitur Taste Profile dapat membantu pengguna memodifikasi cara kerja rekomendasi, sampai batas tertentu.

Secara default, Spotify tetap mengawasi semua yang pengguna lakukan di aplikasi. Tentunya untuk memastikan pengguna tidak akan pernah kekurangan sesuatu untuk didengarkan.

Misalnya pengguna dapat membuat daftar putar secara otomatis melanjutkan musik terkait. Rekomendasi berbasis algoritme ini juga berlaku untuk buku audio dan podcast Spotify.

Mungkin ada sebagian orang yang tidak ingin dikendalikan dengan algoritma atau AI. Bahkan tidak ingin Spotify mengawasi setiap daftar putar yang mereka putar atau keduanya.

Sampai saat ini tidak ada info lanjut tentang fitur ini. Beberapa sumber berita hanya dapat berandai-andai mengenai rumor ini dan belum dapat dipastikan kebenarannya.

Fitur semacam inilah yang dapat menciptakan yang banyak orang kenal sebagai Spotify Wrapped 2023. Memberi pengguna wawasan mendalam tentang semua lagu yang telah pengguna putar selama bertahun-tahun dan mungkin memunculkan beberapa tren mendengarkan yang mungkin tidak akan pengguna catat.