Perjalanan Karier Puan Maharani, Perempuan Pertama yang Menjadi Ketua DPR RI

Fajarpos.com
Fajarpos.com

Tangsel, FP Politisi – Dr. (H.C.) Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi, S.Sos. (lahir 6 September 1973) adalah politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang kini menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (Ketua DPR RI) periode 2019–2024. Puan merupakan perempuan pertama yang pernah sebagai Ketua DPR.

Sebelumnya, dia merupakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia antara 2014 hingga 2019, yang mana dalam prosesnya ini dia menjadi perempuan pertama dan orang termuda yang pernah menjabat sebagai menteri koordinator.

Puan pernah menjabat sebagai Ketua Fraksi PDI-P di DPR pada tahun 2012 hingga 2014. Di DPR, Puan Maharani berada di Komisi VI yang mengawasi BUMN, perdagangan, koperasi, dan usaha kecil menengah, serta anggota badan kelengkapan dewan Badan Kerja Sama Antar-Parlemen Dewan Perwakilan Rakyat (BKSAP DPR).

Sebagai anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), dia pertama kali terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat pada 2009. Dia menjabat sebagai ketua fraksi partai dari tahun 2012 hingga terpilih sebagai menteri pada 2014.

Dia adalah satu dari delapan perempuan yang terpilih sebagai menteri dan satu-satunya menteri koordinator perempuan. Dan kembali terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat dalam pemilu 2019.

Sumber FPTV Network : https://youtu.be/yxfAhHaGoQc

Exit mobile version