Payment Gateway: Berikut Cara Kerja dan Keuntungannya

Fajarpos.com
Fajarpos.com
Payment Gateway (by Freepik)

Payment Gateway

Payment Gateway: Berikut Cara Kerja dan Keuntungannya – Perkembangan teknologi yang sangat pesat dalam satu dekade terakhir ini, sudah banyak mengubah gaya hidup dan model bisnis.

Saat ini transaksi bisnis atau jual beli melalui toko (offline) baik transaksi itu dilakukan di ruko, kios, pasar swalayan (supermarket), mall, dan pasar tradisional dianggap sudah kurang efektif.

Kecenderungan orang-orang di era atau zaman yang serba digital saat ini, mereka keluar rumah hanya untuk sekedar menghabiskan waktu luang pada saat libur (weekend) dan pada saat senggang hanya untuk sekadar cuci mata belaka. Disisi yang lain untuk tujuan transaksi jual beli, mereka sudah menggunakan layanan online.

Perubahan gaya hidup ini disebabkan jual beli online (online shop/ecommerce/marketplace) dapat memberikan kemudahan dalam memilih produk dan pilihan-pilihan produk yang sangat lengkap. Bahkan dalam waktu yang bersamaan mereka dapat belanja tidak hanya di satu tempat saja.

Perubahan gaya hidup ini kemudian menjadi peluang bisnis ini peluang bagi banyak orang untuk menjalankan bisnis secara online/daring.

Peluang bisnis online yang dapat dilakukan, yaitu mulai dari membuka toko online sendiri bahkan sekadar menjadi perantara (broker), reseller, sampai drophshipper.

Apabila kita memutuskan ingin membuka toko secara online dan memiliki ruang tersendiri atau menggunakan sistem dan aplikasi toko sendiri. Maka kita harus mulai memikirkan aplikasi baik dalam bentuk website atau aplikasi yang dapat di pasang (install) di handphone.

Dengan menjalankan model bisnis online ini salah satu yang menjadi pertimbangan adalah kemudahan dalam memproses pembayaran.

Perkembangan teknologi saat ini menawarkan sistem pembayaran yangan sangat canggih nama sudah tidak asing bagi pelaku usaha online, yaitu payment gateway.

Berdasarkan pada definisinya, payment gateway merupakan sistem transaksi online yang mengotorisasi proses pembayaran, baik yang menggunakan kartu kredit, transfer bank, atau pembayaran langsung lainnya, seperti direct debit (BCA KlikPay, Mandiri Clickpay, CIMB Clicks, dan e-Pay BRI) dan e-wallet (TCASH dan XL Tunai). Sistem enkripsi data nomor kartu kredit ataupun kartu debit yang dilakukan payment processor menjamin bahwa transaksi Anda aman dan nyaman untuk dilakukan.

Keuntungan Payment Gateway

Terdapat banyak keuntungan jika kita menggunakan layanan payment gateway baik sebagai penjual maupun pembeli.

Keuntungan sebagai Pembeli

  1. Pelanggan langsung bisa transaksi tanpa perlu membuka website penjual dan website pihak ketiga untuk melakukan transaksi.
  2. Mudah dan aman dalam berbelanja secara online.

Keuntungan sebagai Penjual

  1. Lebih cepat dan mudah memeriksa pembayaran dengan kartu kredit ataupun debit.
  2. Payment gateway melindungi data kartu kredit dengan teknologi enkripsi data dan informasi saat pelanggan melakukan transaksi.
  3. Toko online tidak perlu lagi menyediakan banyak rekening dari berbagai bank karena payment gateway bisa menerima dana transfer dari berbagai rekening bank dan menyalurkannya ke satu rekening milik toko online
  4. Cepat dan aman untuk transaksi massal karena payment gateway dapat memproses ratusan hingga ribuan transaksi dalam waktu yang sangat singkat.
  5. User friendly karena payment gateway dilengkapi dengan dashboard yang membantu penjual ataupun pembeli dalam proses rekonsiliasi penjualan, seperti laporan penjualan, detail pelanggan, void, dan refund (pengembalian dana) transaksi.
  6. Aman bagi pengguna kartu kredit karena payment gateway memiliki teknologi fraud detection yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kecurangan pembayaran di toko online.