3 Kandidat Kuat Calon Gubernur Banten pada Pilgub 2024

Fajarpos.com
Fajarpos.com
Kolase Calon Gubernur Banten Airin Rachmi Diany, Wahidin Halim, dan Rano Karno.

Banten – Berikut adalah 3 kandidat kuat untuk posisi Gubernur Banten pada pemilihan tahun 2024, yaitu: Airin Rachmi Diany diusung Partai Golkar, Wahidin Halim dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem), dan Rano Karno dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan).

Ketiga tokoh ini dinilai memiliki kesempatan besar menjadi Calon Gubernur Banten 20241. Mereka memiliki jejak rekam sebagai mantan kepala daerah dan dengan mudah diingat publik1. Namun, kemenangan mereka juga akan dipengaruhi oleh calon wakil gubernur yang dipasangkan untuk mendampingi mereka1.

Simak profil singkat dari ke 3 kandidat kuat calon gubernur Banten pada Pilgub 2024.

Airin Rachmi Diany

Airin Rachmi Diany adalah seorang politikus berbakat dan mantan Wali Kota Tangerang Selatan. Berikut adalah beberapa detail tentang profilnya:

  1. Tanggal Lahir: 28 Agustus 1976
  2. Tempat Lahir: Banjar, Jawa Barat, Indonesia.
  3. Pendidikan: Alumni Fakultas Hukum Universitas Parahyangan, Bandung.
  4. Karier Politik: Menjabat sebagai Wali Kota Tangerang Selatan dari 20 April 2011 hingga 20 April 2021.
  5. Prestasi: Pemenang Mojang Parahyangan Bandung (1995) dan Mojang Provinsi Jawa Barat (1995). Mengikuti pemilihan Puteri Indonesia (1996) dan berhasil meraih gelar Puteri Indonesia Favorit serta Puteri Indonesia Pariwisata.
  6. Keluarga: Istri dari Tubagus Chaeri Wardana.Β Mereka dikaruniai dua orang anak.

Airin Rachmi Diany dikenal sebagai sosok yang aktif dan berjiwa sosial. Di masa mudanya, ia pernah mengikuti ajang Puteri Indonesia hanya untuk mengisi waktu luang dan mencari kegiatan yang positif. Saat ini, namanya dicalonkan oleh Partai Golkar untuk pemilihan gubernur Banten tahun 2024.

Wahidin Halim

Wahidin Halim adalah seorang politikus dan wirausahawan asal Indonesia yang pernah menjabat sebagai Gubernur Banten dari 2017 sampai 2022. Berikut adalah beberapa detail tentang profilnya:

  1. Nama Lengkap: Dr. Drs. H. Wahidin Halim, M.Si.
  2. Tanggal Lahir: 14 Agustus 1954.
  3. Tempat Lahir: Kota Tangerang.
  4. Istri: Hj Naniek Nuraini.
  5. Anak: Luky Winiastri, Nesya Sabrina, M. Fadhlin Akbar.
  6. Agama: Islam.
  7. Almamater: Universitas Gajah Mada.
  8. Partai Politik: Awalnya Partai Demokrat, namun pada 2022 Wahidin mengumumkan keluar dari Partai Demokrat dan secara resmi bergabung dengan Partai NasDem.

Karier Politik:

  1. Wahidin Halim memulai karier politiknya dari bawah. Dia pernah menjabat sebagai kepala desa, camat, hingga Wali Kota Tangerang dua periode.
  2. Dia terpilih bersama dengan Andika Hazrumy sebagai gubernur dan wakil gubernur Banten pada Pilgub Banten 2017 dan berhasil mengalahkan sang petahana, Rano Karno.
  3. Menjelang akhir masa jabatannya, Wahidin meresmikan Stadion Internasional Banten.

Wahidin Halim dikenal sebagai sosok pemimpin yang berkarier dari bawah dan dekat dengan masyarakat. Dia juga merupakan adik dari Mantan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia 2001-2009, Hassan Wirajuda.

Rano Karno

Rano Karno adalah seorang aktor, penyanyi, politikus, dan sutradara berkebangsaan Indonesia. Berikut adalah beberapa detail tentang profilnya:

  1. Nama Lengkap: H. Rano Karno, S.I.P.
  2. Tanggal Lahir: 8 Oktober 1960.
  3. Tempat Lahir: Jakarta, Indonesia.
  4. Istri: Hj. Dewi Indriati.
  5. Anak: Raka Widyarma, Deanti Rakasiwi.
  6. Agama: Islam.
  7. Almamater: Universitas Gajah Mada.
  8. Partai Politik: Awalnya Partai Demokrat, namun pada 2022 Wahidin mengumumkan keluar dari Partai Demokrat dan secara resmi bergabung dengan Partai NasDem.

Karier Politik:

  1. Rano Karno memulai karier politiknya dari bawah. Dia pernah menjabat sebagai kepala desa, camat, hingga Wali Kota Tangerang dua periode.
  2. Dia terpilih bersama dengan Andika Hazrumy sebagai gubernur dan wakil gubernur Banten pada Pilgub Banten 2017 dan berhasil mengalahkan sang petahana, Rano Karno.
  3. Menjelang akhir masa jabatannya, Rano meresmikan Stadion Internasional Banten.

Rano Karno dikenal sebagai sosok pemimpin yang berkarier dari bawah dan dekat dengan masyarakat. Dia juga merupakan adik dari Mantan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia 2001-2009, Hassan Wirajuda.