Sosok Ridwan Kamil, Arsitek yang Menjadi Gubernur

Fajarpos.com
Fajarpos.com

Tangse, FP Tokoh – Ridwan Kamil yang memiliki nama lengkap Mochamad Ridwan Kamil, dan akrab dipanggil dengan sebutan Kang Emil lahir di Bandung, Jawa Barat pada tanggal 4 Oktober 1971. Ayah Ridwan Kamil bernama Dr. Atje Misbach Muhjiddin, S.H. yang berprofesi sebagai Doktor dan juga dosen Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran.

Ayah Ridwan Kamil merupakan keturunan dari kyai Muhyidin atau yang dikenal Mama Pagelaran yang merupakan pendiri tiga pesantren di Sumedang dan Subang, Jawa Barat. Ibu Ridwan Kamil bernama Tjutju Sukaesih. Ridwan Kamil adalah anak kedua dari lima bersaudara.

Ridwan Kamil dikenal sebagai anak yang cerdas dan aktif sedari kecil. Ridwan Kamil merupakan sosok yang pekerja keras dan juga pantang menyerah. Ridwan Kamil kecil sudah jago dalam menjual es mambo buatan tangannya sendiri. Hasil dari berjualan es mambo juga mendapatkan untuk yang cukup besar. Ridwan Kamil menghabiskan masa kanak-kanak sampai mudanya di kota Bandung.

Tahun 1978 Ridwan Kamil memasuki sekolah dasar di SDN Banjarmasin III Bandung. Lalu pada sekolah menengah pertama, Ridwan Kamil bersekolah di SMP Negeri 2 Bandung pada tahun 1984. Kemudian melanjutkan sekolah akhirnya di SMA Negeri 3 Bandung pada tahun 1987.

Setelah lulus sekolah pada tahun 1990 Ridwan Kamil mengambil kuliah strata 1 atau S-1 di Fakultas Teknik Arsitektur, Institut Teknologi Bandung dan berhasil lulus pada tahun 1995. Sejak kuliah Ridwan Kamil dikenal aktif di berbagai kegiatan baik kelompok-kelompok mahasiswa maupun unit kegiatan seni di kampusnya, ITB. Saat kuliah Ridwan Kamil pun sudah hidup mandiri.

Sumber FPTV Network : https://youtu.be/ks7xXBlFAbY