Pasar Kripto Anjlok, Bikin Harga Kartu Grafis (VGA) Ikutan Anjlok

Pasar Kripto Anjlok, Bikin Harga Kartu Grafis (VGA) Ikutan Anjlok
Kartu Grafis

Jakarta, Fajarpos Media – Pasar kripto anjlok, bikin harga kartu grafis (VGA) ikutan anjlok, kok bisa? Ternyata yang salah satu yang bikin harga hardware komputer kian meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir ini khususnya kartu grafis (VGA). Dan VGA ini memiliki fungsi atau dijadikan alat untuk menambang Bitcoin CS.

Kartu grafis (graphics card) atau lebih dikenal dengan sebutan VGA adalah sebuah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC.

Laporan terbaru dari Tom’s Hardware menyebutkan bahwa pasar crypto saat ini tengah jatuh, dan sebagai gantinya harga jual untuk kartu grafis ini mulai stabil dan bisa dijangkau oleh sebagian masyarakat lagi.

Dari laporan yang sama, disebutkan bahwa pasar kartu grafis di Amerika Serikat ditemukan bahwa banyak SKU kelas atas sekarang jauh lebih murah daripada harga beberapa tahun sebelumnya. Di Newegg, harga jual kartu grafis seperti misalnya Nvidia GeForce RTX 3090 Ti mengalami penurunan harga sebesar 5%, akan tetapi harga jual AMD Radeon RX 6950 XT tetap tidak berubah.

Pengurangan harga ini juga terjadi di eBay, di mana terdapat potongan harga hingga 21% dari harga sebelumnya. Namun sayangnya, model untuk kelas menengah seperti GeForce RTX 3070 dan GeForce RTX 3060 masih belum memiliki ketersediaan stok yang cukup, meskipun angka jualnya akan makin rendah dan terjangkau. Selain itu, pengguna disebut bisa menemukan stok Radeon RX 6700 XT dan Radeon RX 6650 XT dengan harga MSRP pada Newegg dan eBay.

Semoga saja dengan perubahan yang terjadi di Amerika Serikat ini, juga ikut terjadi secara global dan di Indonesia, sehingga harga kartu grafis bisa lebih terjangkau dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

(*)

Pos terkait