Upaya Tim Jokowi dalam Menggaet Non-Muslim dan Ahokers

Fajarpos.com
Fajarpos.com
Foto: Presiden Jokowi Hentikan Ekspor Minerba

Jakarta, FAJARPOS.com – Upaya dialog dilakukan oleh Direktur Bidang Relawan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Maman Imanulhaq terhadap para pemilih yang non-muslim dan mereka yang pro Basuki Tjahja Purnama atau yang kerap disapa Ahok. Hal ini penting mengingat pemilihan Ma’ruf Amin sebagai calon dari Jokowi dalam Pilpres 2019 nanti juga akan menimbulkan potensi menurunnya dukungan dari para non-Muslim dan Ahoker (sebutan terhadap relawan Ahok).

Terbukti, kata Maman, gelagat dari anggapannya itu telah terlihat dari salah satu hasil survei oleh LSI yang menunjukan bahwa elektabilitas Jokowi menurun di kalangan non-Muslim saat nama Ma’ruf muncul.

“Makanya perlu ada dialog, makanya nanti relawan Ahok dan pemilih non-muslim akan kita ketemukan, kita ingin menjelaskan kenapa Jokowi milih Ma’ruf Amin,” jelas Maman sesaat setelah selesai acara diskusi di Manggarai, Jakarta, Sabtu (25/8/2018).

Maman yang juga sebagai politisi PKB ini menuturkan bahwa, keputusan Jokowi dalam memilih Ma’ruf sebagai calonnya cukup membuat pemilih non-muslim dan relawan Ahok terkejut.

Efek dari keterkejutan ini adalah menurunnya elektabilitas dari Jokowi itu sendiri, dikarenakan dukungan kedua kalangan tadi telah berubah atau bahkan belok. Karenanya, komunikasi dengan non-muslim dan relawan Ahok terkait sosok Ma’ruf harus dilakukan.

Salah satunya, menurut Maman yang harus diinsafi oleh mereka adalah identitas ke-NU-an Ma’ruf. Maman yakin bahwa organisasi ini dikenal fokus dalam menjaga mereka para minoritas, sehingga harus juga dipaparkan agar dapat meyakinkan mereka.

“Bahwa Ma’ruf adalah Rais Aam PBNU, dan PBNU adalah ormas yang menjaga NKRI dan Pancasila ini. Selain itu ketika peristiwa kerusuhan 1998, rumah Ma’ruf itu jadi tempat yang aman bagi kelompok minoritas dan Ma’ruf pasang badan soal ini,” tangkas Maman.

Maman juga menambahkan bahwa dia yakin bahwa simpatisan Ahok akan tetap kompak dalam mendukung Jokowi dalam Pilpres 2019 nanti.

Pasalnya, dia mengatakan telah bertemu serta berkomunikasi dengan tokoh-tokoh kunci relawan Ahok. Pun mereka telah menyatakan siap pasang badan guna mendukung Jokowi di Pilpres nanti. (FNI)