Memahami Konten Kreator (Content Creator)

Fajarpos.com
Fajarpos.com
Menjadi Konten Kreator (Content Creator)

Konten Kreator (Content Creator)

Konten Kreator (Content Creator) adalah seseorang yang melahirkan berbagai materi konten baik berupa tulisan, gambar, video, suara, maupun gabungan dari dua atau lebih materi. Konten-konten yang dibuat oleh para Content Creator biasanya dimuat di platform digital, seperti YouTube, Instagram, Snapchat, WordPress, dan sebagainya.

Topik-topik yang dipilih oleh para content creator juga sangat beragam, mulai dari fashion, beauty, kuliner, sampai daily vlog. Keberadaan profesi content creator memang nggak lepas dari kemajuan teknologi. Apalagi dengan semakin terbukanya akses informasi, maka semakin luas kesempatan bagi kamu untuk jadi seorang content creator, yang penting niat! Jadi, ketika benar-benar niat dalam membuat konten, maka followers, subscribers, AdSense, endorsement, dan lainnya akan mengikutimu dengan sendirinya.

Nah, untuk menjadi seorang content creator, dituntut untuk punya ide-ide orisinil supaya bisa menghasilkan materi baru yang berbeda tapi tetap bisa diterima dan laku di masyarakat. Konten yang kamu buat pun diharapkan bisa menjadi trend-setter. (Baca: Konten Kreator (Content Creators) Bisa Jadi Bisnis Sampingan)

Selain itu, jika ingin menjadi content creator yang andal dibutuhkan kemampuan dan keterampilan yang tinggi dalam hal menulis, mengambil foto, merekam gambar, maupun menyunting video. Biasanya content creator banyak dibutuhkan di industri kreatif, tapi nggak sedikit pula yang bekerja secara individu.

Peran & Tanggung Jawab Konten Kreator (Content Creator)

  1. Membuat konten yang orisinal dan menarik kemudian dipublikasikan di berbagai media sosial.
  2. Menciptakan konten yang bermakna bagi sekumpulan orang atau komunitas yang memiliki kekuatan besar (power).
  3. Menciptakan pesan persuasif terutama jika bekerjasama dengan pengiklan (endosement)
  4. Membuat blog pribadi dan membagikan pikiran, ide juga gagasan.