Daftar Jurnal ke SCOPUS, DOAJ, dan DOI

  • Whatsapp
SCOPUS DOAJ dan DOI
SCOPUS, DOAJ, dan DOI

Cara Submit Jurnal dan Terindeks di SCOPUS

Harus sudah memiliki ISSN (Registrasi ISSN LIPI) dan minimal sudah terbit secara berkala selama 2 tahun. Konten jurnal harus berupa peer reviewed content. Jurnal juga harus memiliki versi Bahasa Inggris minimal untuk judul dan abstrak dari setiap artikel. Harus memiliki publication ethics dan publication malpractice statement.

Jika sudah memiliki minimal requirement itu, silakan mencoba mendaftarkan jurnal tersebut ke SCOPUS melalui link ini. SCOPUS menggunakan istilah “title” yang maksudnya adalah jurnal. Proses review bisa beberapa bulan hingga maksimal 1 tahun.

Registrasi Jurnal dan Terindeks di DOAJ

Baca petunjuk lengkap untuk menjadi “publisher” di DOAJ (Directory of Open Access Journals, klik link ini. Pastikan seluruh requirement yang diminta bisa dipenuhi oleh jurnal yang akan didaftarkan. Konten jurnal harus berupa peer reviewed content.

Kemudian, jika sudah siap, langsung isi form di link ini dan submit. Jika disetujui, DOAJ akan mengeluarkan Seal of Approval.

Mendapatkan URL DOI untuk Artikel di Jurnal

Pengelolaan Digital Object Identifier (DOI) dilakukan oleh Crossref. Silakan pelajari langsung cara menjadi anggota Crossref di link ini. Cara paling mudah untuk mengelola DOI adalah dengan menggunakan journal management system seperti Open Journal System (OJS), fitur sudah lengkap untuk integrasi dengan DOI.

Biaya yang harus dibayar untuk menjadi anggota Crossref dan bisa mendapatkan DOI untuk seluruh artikel yang muncul adalah Annual Membership Fee sebesar USD 275 dan fees USD 1 per artikel/DOI.

Pos terkait