5 Film Horor Terinspirasi dari Kisah Nyata

Fajarpos.com
Fajarpos.com
Ilustrasi Film Horor.

Jakarta, FP Hiburan : “5 Film Horor Terinspirasi dari Kisah Nyata” – Berikut 5 rekomendasi film horor dengan latar belakang kisah nyata.

The Conjuring (2013)

Film “The Conjuring” adalah kisah paranormal Ed (Patrick Wilson) dan Lorraine (Vera Farmiga) yang dipanggil keluarga Perron untuk menyelidiki kejadian supranatural di rumahnya.

Hasil dari investigasi itu justru berujung dengan terungkapnya masa lalu rumah berhantu yang menjadi tempat tinggal Perron.

Film ini buat berdasarkan kisah nyata paranormal Ed dan Lorraine Warren. Kisah mereka tentang aktivitas supernatural di rumah kawasan Rhode Island pada 1971 menjadi dasar film pertama Conjuring.

The Conjuring menjadi salah satu film horor tersukses dan digarap menjadi sekuel pada 2016 dan 2021.

Winchester (2018)

Film “Winchester” adalah hasil adaptasi misteri di balik kisah nyata Sarah Winchester dan rumah berhantu miliknya yang legendaris. Rumah itu dikenal dengan sebutan Winchester Mystery House di San Jose, California.

Sarah membangun rumah tersebut dengan cara yang mengherankan, seperti memasang pintu ke arah yang tidak sesuai. Ia juga membangun tangga yang tidak menyambung dua lantai, hingga memasang hiasan dengan nuansa mengerikan.

Rumah Winchester kemudian dianggap sebagai lokasi dari kematian orang-orang yang menghilang secara misterius. Dalam versi film, Sarah Winchester (Helen Mirren) percaya dirinya dikutuk arwah korban senapan yang diproduksi perusahaan keluarga Winchester.

The Exorcist (1973)

Film “The Exorcist” adalah kisah pengusiran setan dari seorang remaja perempuan bernama Regan (Linda Blair) yang tiba-tiba berperilaku aneh. Perilaku mencurigakan itu muncul setelah Regan bermain papan Ouija pada suatu malam.

Film ini hasil adaptasi lepas dari kejadian nyata yang menimpa anak laki-laki bernama Roland Doe atau Robbie di Cottage City, Maryland, pada 1940-an. Semua bermula ketika anak laki-laki itu meminta papan Ouija sebagai hadiah ulang tahun.

Tantenya yang bernama Harriet memberikan itu. Namun, Rolland Doe mulai mengalami hal aneh ketika sang tante meninggal dunia. Keluarganya mencari bantuan ke semua orang hingga seorang pastur datang dan melakukan pengusiran setan.

Kejadian itu menginspirasi William Peter Blatty untuk menuliskannya menjadi sebuah novel berjudul serupa. Novel itu yang kemudian diadaptasi menjadi film.

The Amityville Horror (1979)

Film “The Amityville” adalah kisah pasangan muda yang membeli sebuah rumah berhantu dipenuhi kekuatan supranatural.

Rumah itu sebelumnya menjadi tempat tragedi pembunuhan massal. Pada 1974, Ronald DeFeo Jr. menembak dan membunuh enam anggota keluarganya di Long Island.

Setelah kejadian itu, George dan Kathy Lutz bersama tiga anaknya pindah ke rumah tersebut. Kejadian menyeramkan pun terjadi satu per satu sejak mereka tinggal di rumah itu.

Versi film ini merupakan hasil adaptasi investigasi paranormal Ed dan Lorraine Warren terhadap kediaman keluarga Lutz. Rumah itu terletak di 112 Ocean Avenue, Amityville, Long Island.

The Amityville Horror mencatat sukses besar hingga merilis sejumlah sekuel. Film ini juga digarap menjadi versi remake pada 2005 silam.

The Exorcism of Emily Rose (2005)

Film “The Exorcism of Emily Rose” adalah kisah dari penyelidikan kasus kematian Emily Rose (Jennifer Carpenter) yang meninggal dunia setelah menjalani proses pengusiran oleh seorang pendeta.

Film ini diadaptasi dari kisah nyata tentang perempuan muda asal Jerman bernama Anneliese Michel. Pada 1968, Michel yang saat itu berusia 16 tahun mengalami kejang, halusinasi hingga didiagnosis psikosis.

Namun, orang tuanya malah menilai Anneliese Michel kerasukan setan. Sehingga, anak perempuan itu menjalani ritual pengusiran setan berulang kali.

***