Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop Tanpa Aplikasi dan Kabel USB

Fajarpos.com
Fajarpos.com
Foto Pencarian Aplikasi Connect.

Tangsel, FP Teknologi – TeUntuk menampilkan layar handphone (HP) atau screen mirroring kebanyakan kita terlebih dahulu mengunduh aplikasi tambahan di laptop. Namun, Windows 10 telah menyediakan Software bawaan Connect yang membantu pengguna untuk menampilkan layar ponsel ke laptop.

Cara mirroring HP ke laptop ini sangat cepat dan mudah diaplikasikan. Dengan cara ini kamu dapat mengakses berkas, dokumen bahkan nonton di ponsel pribadi melalui laptop.

Cara Menampilkan Layar Hp ke Laptop Tanpa Aplikasi

Berikut ini cara Menampilkan Layar HP ke laptop tanpa aplikasi dan Kabel USB yang dapat kamu lakukan:

  1. Tekan tombol Start di laptop, kemudian ketik Connect, Jika tidak muncul maka terlebih dahulu install aplikasi Connect, untuk cara install dijelaskan dibawah.
  2. Pada hasil pencarian yang muncul, pilih hasil paling atas yang bernama Connect.
  3. Jendela Software Connect akan terbuka dan akan muncul di layar Laptop dengan tulisan β€œβ€¦β€¦ is ready for you to connect wirelessly”.
  4. Selanjutnya, buka Hp kalian dan aktifkan fitur Screen Mirroring di ponsel.
  5. Untuk Hp merek iPhone atau Samsung, caranya dengan Swipe up Control Center dan beralih ke menu Screen Mirroring atau Smart View.
  6. Sementara itu untuk Hp Android dengan merek lainnya, caranya dengan masuk ke menu Setelan> Koneksi & Berbagi > Proyeksi Layar > aktifkan Proyeksi Layar. (nama berbeda-beda tergantung dari merek Hp)
  7. Tunggu beberapa saat hingga perangkat ponsel terdeteksi di laptop. Jika sudah muncul, pilih nama perangkat di laptop kamu lalu klik
  8. Selesai dan layar ponsel akan ditampilkan di laptop secara otomatis.

Cara Install Aplikasi Connect

Meskipun aplikasi ini bawaan Windows, perlu terlebih dahulu untuk menginstall agar dapat digunakan. Bagi laptop yang belum terinstall aplikasi Connect, berikut Langkah-langkahnya:

  1. Klik kanan pada Start Menu > Apps and Features
  2. Selanjutnya masuk ke menu Optional features
  3. Klik Add a features
  4. Klik di menu pencarian Wireless Display > kemudian centang di bagian samping kiri Wireless Display > klik install
  5. Tunggu hingga proses instalasinya selesai

Setelah proses instalsi selesai kamu dapat menutup jendela settings kemudian cek seperti tutorial di atas.

Demikian tips mengenai cara menampilkan layar HP ke laptop tanpa aplikasi. Kamu bisa menggunakan sesuai dengan kebutuhan dan kenyamananmu sebagai pengguna perangkat elektronik yang semakin harinya terus berkembang.

Exit mobile version