Pimpin Apel Sumpah Pemuda, Pilar Saga Ichsan Berpesan Anak Muda Harus Kuasai Teknologi Informasi dan Literasi Digital

Fajarpos.com
Fajarpos.com
Pilar Saga Ichsan

fajarpos.com, Tangsel – Pada era perkembangan teknologi saat ini, pemuda diharapkan untuk memiliki kemampuan menguasai teknologi informasi dan literasi digital. Hal ini dianggap penting untuk memastikan percepatan pembangunan di Indonesia.

Pernyataan ini disampaikan oleh Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Pilar Saga Ichsan, ketika memimpin apel peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-95 dan Hari Kesadaran Nasional di Lapangan Cilenggang, Serpong, pada Senin, (30/10/23).

Ini mencerminkan pentingnya literasi digital dan penguasaan teknologi informasi dalam menghadapi tantangan dan peluang dalam era digital saat ini. Pemuda dianggap memiliki peran kunci dalam mendorong kemajuan dan pembangunan negara.

“Mengimbangi percepatan dan perubahan ini saja sudah cukup membuat kewalahan. Pada intinya penguasaan oleh pemuda terhadap teknologi dan informasi serta literasi digital menjadi sesuatu yang harus diseriusi,” ucap Pilar.

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan menekankan pentingnya bagi setiap pemuda untuk memiliki visi, misi, dan peran strategis dalam jangka waktu yang panjang, yakni setidaknya 30 tahun mendatang.

Ini adalah sebuah panggilan untuk pemuda agar tidak hanya berfokus pada masa kini, tetapi juga memiliki pandangan jauh ke depan yang dapat membantu membentuk arah pembangunan dan kemajuan negara dalam jangka panjang.

Dengan memiliki visi, misi, dan peran strategis yang kuat, pemuda dapat menjadi agen perubahan yang berkontribusi dalam memajukan Indonesia.

“Agar pembangunan dapat berlari lebih cepat. Strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong-royong lintas sektor,” ucapnya

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Pilar Saga Ichsan, juga menyoroti pentingnya kerja sama antara lembaga pemerintah dan berbagai pemangku kepentingan untuk mencapai Indeks Pembangunan Pemuda yang efektif.

Ini menunjukkan pentingnya kolaborasi di antara semua pihak yang terlibat dalam pembangunan dan pemberdayaan pemuda.

Dengan bekerja sama, berbagai pihak dapat mengambil langkah konkret dalam menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan pemuda dan mencapai tujuan pembangunan pemuda yang lebih baik..

“Untuk menuju pencapaian Indeks Pembangunan Pemuda atau IPP yang efektif. Maka pada momen hari Sumpah Pemuda ini kita harus canangkan kebulatan tekat semua stakeholder, baik kementerian dan lembaga, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten kota, organisasi kepemudaan, komunitas, serta elemen-elemen lain,” terangnya.

Dalam kesempatan peringatan Sumpah Pemuda yang ke-95, Pilar Saga Ichsan juga mengajak semua pihak untuk menjadikan peringatan ini sebagai semangat kolaborasi dalam memajukan negeri.

Ini adalah panggilan untuk bersatu dan bekerja sama, mengingat semangat Sumpah Pemuda yang berfokus pada persatuan dan kesatuan bangsa. Dengan semangat kolaborasi, berbagai elemen masyarakat diharapkan dapat bersinergi untuk mencapai kemajuan dan pembangunan yang lebih baik bagi Indonesia.

“Saudara-saudara sekalian, terakhir, marilah kita jadikan momentum peringatan hari Sumpah Pemuda ke-95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri,” kata Pilar.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan Pakta Integritas netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Tangerang Selatan dalam menyambut Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.