Gerhana Bulan Sebagian Akan Terjadi Pada Esok Hari

Fajarpos.com
Fajarpos.com
Gerhana Bulan Sebagian

Fajarpos.com, Jakarta – Gerhana Bulan Sebagian akan terjadi besok, yaitu pada Minggu (29/10/23), dan masyarakat Indonesia berkesempatan untuk menyaksikannya secara langsung. Berikut adalah jadwal Gerhana Bulan Sebagian di Indonesia.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa Gerhana Bulan adalah fenomena di mana cahaya Matahari terhalang sebagian oleh Bumi sehingga tidak semua cahaya mencapai Bulan.

Peristiwa ini terjadi sebagai akibat dari dinamika pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan, dan hanya terjadi selama fase purnama. Fenomena ini dapat diprediksi sebelumnya. Gerhana Bulan Sebagian terjadi ketika Bulan berada dalam posisi sejajar antara Matahari dan Bumi.

BMKG menyebutkan Gerhana Bulan Sebagian 29 Oktober 2023 ini dapat diamati dari Indonesia. Fenomena alam tersebut bisa disaksikan mulai 18.00.

Gerhana Bulan Sebagian yang akan terjadi pada tanggal 29 Oktober 2023 akan berlangsung selama 4 jam, 28 menit, dan 10 detik. Durasi parsialitas, yaitu waktu dari awal fase Gerhana Sebagian hingga akhir fase Gerhana Sebagian, akan berlangsung selama 1 jam, 18 menit, dan 57 detik.

Peristiwa ini adalah gerhana keempat yang terjadi di Indonesia pada tahun 2023. Sebelumnya, terdapat Gerhana Matahari Hibrid pada 20 April, Gerhana Bulan Penumbra pada 5-6 Mei, dan Gerhana Matahari Cincin pada 14 Oktober 2023.

Menurut penjelasan BMKG, Gerhana Matahari Sebagian pada tanggal 29 Oktober 2023 ini merupakan salah satu dari 72 peristiwa dalam rangkaian Saros 146 yang ke-11. Gerhana Bulan terakhir yang terkait dengan rangkaian ini adalah Gerhana Bulan Sebagian pada tanggal 17 Oktober 2005.

Adapun Gerhana Bulan yang akan datang dan berasosiasi dengan gerhana bulan ini adalah Gerhana Bulan Sebagian 8 November 2041. Sebelumnya, pada tahun 2023 terjadi empat kali gerhana, yaitu dua kali Gerhana Matahari dan dua kali Gerhana Bulan.