Dikabarkan Nintendo Switch 2 Akan Rilis Pada April 2024, Simak Bocoran Spesifikasinya

Fajarpos.com
Fajarpos.com

Fajarpos.com, Jakarta – Diberitakan bahwa generasi kedua Nintendo Switch dijadwalkan untuk diluncurkan sekitar bulan April 2024. Informasi ini mengacu pada perkembangan Nintendo Switch 2 yang sedang dikerjakan oleh pihak pengembang ketiga.

Sumber Video Games Chronicle (VGC) yang berusaha mengungkap rincian tentang penerus Nintendo Switch ini, perangkat tersebut diharapkan tetap dalam bentuk portabel.

Dr. Serkan Toto, pendiri Kantan Games, menyatakan bahwa rencana peluncuran Nintendo Switch 2 pada tahun 2024 terdengar masuk akal. Pernyataan ini didasarkan pada fakta bahwa penjualan Nintendo Switch mengalami penurunan setelah tujuh tahun berada di pasaran.

“Dengan melihat keuangan Nintendo, tampaknya sudah jelas bahwa ini adalah waktunya untuk merilis perangkat baru”, jelas Toto.

Kabar peluncuran Switch 2 pada 2024 juga diperkuat dengan pernyataan Nintendo kepada Harian Nikkei pada awal tahun 2023. Saat itu Nintendo mengatakan mereka akan mengganti konsol-konsol andalannya menjadi lebih baik di tengah berkembangnya ‘miliaran game’ dengan 100 juta pengguna.

Gunakan Layar LCD

Seiring dengan munculnya informasi mengenai kehadiran Nintendo Switch 2 yang menjadi pengetahuan umum, juga terdengar bocoran mengenai spesifikasinya. Menurut laporan yang diterbitkan oleh VGC, Nintendo Switch 2 direncanakan akan mengadopsi layar LCD sebagai alternatif dari penggunaan layar OLED.

Keputusan ini diambil oleh Nintendo dengan pertimbangan biaya produksi. Dalam konteks kebutuhan penyimpanan yang semakin tinggi saat ini, Nintendo diharuskan untuk menyediakan kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

Saat ini, Nintendo Switch hanya memiliki ruang penyimpanan sebesar 32GB sedangkan game di PlayStation dan Xbox rata-rata mencapai 100GB. Karenanya, Switch 2 akan hadir dengan kapasitas di atas Switch generasi pertama. Dari segi pemain, khususnya dalam hal kenyamanan mata, penggunaan layar LCD mungkin saja akan membuat Switch 2 terasa turun kelas dari Switch yang sudah ada.


Dapat Memainkan Game Besar


Dengan keputusan Nintendo untuk mengutamakan kapasitas ruang penyimpanan menjadi lebih besar, bukan mustahil jika Switch 2 akan menjadi konsol yang dapat memainkan berbagai game yang membutuhkan ruang penyimpanan besar.

VGC juga melaporkan bahwa Switch 2 akan memiliki slot cartridge. Keberadaan slot catridge ini memungkinkan pengguna dapat menggunakan rilisan fisik dari game tanpa mempengaruhi ruang penyimpanan yang ada. Meski langkah ini cukup unik karena pembelian game saat ini mengarah ke pembelian digital, itu artinya pengguna akan dapat leluasa memainkan berbagai game ‘besar’.