Rute dan Tarif Naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Fajarpos.com
Fajarpos.com
Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Jakarta – Rute dan Tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau yang biasa disingkat KCJB diperkirakan siap beroperasi pada Agustus 2023.

Persiapan KCJB ini diungkapkan oleh Direktur Utama (Dirut) PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo setelah menyebut 90 persen pasokan dan jaringan listrik telah tersedia. 

“Jadi, kami (PLN) sampaikan 90 persen infrastruktur KCJB telah siap untuk mendukung operasinya pada Agustus 2023”, kata Darmawan dalam keterangan tertulis pada Senin (22/05/23). 

KCJB dikabarkan melakukan tahap uji coba (hot sliding test) pada rangkaian di Electrical Multiple Unit (EMU) CR400AF di Tegalluar, Kab. Bandung (19/05/23).

Rute Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB)

Dikutip dari situs indonesiabaik.id, dikatakan bahwa atas dasar hukum berupa Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No. 69 Tahun 2019 tentang Standar Spesifikasi Teknis Kereta Api Cepat Kecepatan Tinggi, maka KCJB akan beroperasi setiap hari mulai dari pukul 05:30 hingga 22:00 WIB.

KCJB dirancang dengan laju kecepatan 420 km/jam yang menghubungkan Jakarta-Bandung dengan jarak 142,3 km.

KCJB diklaim bakal menggunakan tipe generasi terbaru CR400AF itu direncanakan bakal beroperasi dengan kecepatan 350 km/jam.

Dan estimasi waktu yang dibutuhkan dalam sekali perjalanan kurang lebih 36 menit tanpa henti. Jika diasumsikan KCJB ini singgah di empat stasiun, maka KCJB akan menempuh waktu maksimal 46 menit.

Berkut merupakan stasiun dan rute Kereta Cepat Jakarta-Bandung:

Stasiun Halim

Stasiun pertama terletak di Kec. Makasar, Kota Jakarta Timur. Stasiun dengan jarak 41.166 kilometer menuju Karawang itu terhubung Light Rail Transit (LRT). 

Karawang

Pemberhentian pertama pada jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung berada di Kec. Telukjambe Barat, Kab. Karawang. Terpisah sejauh 55.550 km dari Padalarang, stasiun itu termasuk Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta. 

Padalarang

Selanjutnya, penumpang juga bisa turun di Stasiun Hub KCJB yang berjarak 45.584 kilometer dari Tegalluar. Stasiun tersebut termasuk kawasan administrasi Kec. Padalarang, Kab. Bandung Barat. 

Tegalluar

Rute Kereta Cepat Jakarta-Bandung sekaligus tempat pemberhentian terakhir berlokasi di Kec. Bojongsoang, Kab. Bandung. Stasiun tersebut terhubung dengan armada Bus Rapid Transit atau BRT (sebagai depo). 

Tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB)

Berdasarkan keterangan dari laman resmi situs kcic.co.id, General Manager (GM) Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) Rahadian Ratry mengatakan, bahwa Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan dibagi menjadi beberapa kelas. Kelas yang dimaksud ialah VIP Class, First Class, dan Second Class. Selain itu, juga disediakan gerbong khusus bagi para penumpang difabel yang lebih luas. 

Menurut Dirut PT KCIC Chandra Dwiputra menyatakan mengenai tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung memerlukan pengkajian. Harga tiket yang dipatok berkisar antara US$ 16 atau Rp 237.824 (kurs Rp 14.864) hingga Rp 300.000 untuk penumpang kelas 2 (Second Class). 

“Berdasarkan hasil studi kelayakan, nilai feasible (mungkin) untuk Kereta Cepat Jakarta – Bandung mulai dari US$ 16. Namun tentu secara resmi, penetapan tarif akan ditentukan selanjutnya sesudah kajian komprehensif saat KCJB akan beroperasi dengan memerhatikan berbagai aspek, seperti ekonomi, daya beli masyarakat di tahun 2021, serta setelah ada persetujuan dari pemangku kebijakan”, jelas Chandra dalam keterangan tertulis pada Senin (17/06/2019). 

Itulah rute Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan perkiraan tarifnya. Apabila sesuai rencana, KCJB akan melaju pada Agustus 2023 mendatang.

(*)