Purnawirawan Bambang Suswanto Ditunjuk Erick Thohir Menjadi Komisaris Pertamina Yang Baru

Fajarpos.com
Fajarpos.com
Purnawirawan Bambang Suswanto

Fajarpos.com, Jakarta – Menteri BUMN Erick Thohir telah menunjuk Bambang Suswantono sebagai komisaris baru di PT Pertamina (Persero), menggantikan Rida Mulyana yang telah memasuki masa pensiun.

Keputusan ini diumumkan melalui situs resmi Pertamina pada Jumat, 22 September 2023. Bambang Suswantono resmi ditunjuk sebagai Komisaris Pertamina berdasarkan Keputusan Menteri BUMN yang juga berperan sebagai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Pertamina (Persero) dengan nomor SK-263/MBU/09/2023 tanggal 22 September 2023.

Menilik Rekam Jejak Bambang Suswantono?

Bambang Suswantono adalah seorang Purnawirawan TNI-AL yang saat ini menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kementerian ESDM sejak 31 Juli 2023. Karirnya mencakup berbagai posisi kunci di berbagai bidang sebelumnya, termasuk:

  1. Inspektur Jenderal Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-20 (2020-2023).
  2. Komandan Jenderal Akademi TNI pada tahun 2020.
  3. Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal (2018-2020).
  4. Posisi di Korps Marinir (2017-2018).
  5. Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (2016-2017).

Bambang adalah alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-XXXII/tahun 1987. Selain itu, ia juga memiliki gelar Sarjana Hukum, Magister Hukum, dan Magister Terapan (Han). Karirnya yang luas dan pengalamannya di berbagai bidang membuatnya menjadi pemimpin yang berpengalaman di berbagai sektor, termasuk sektor energi dan sumber daya mineral.

Selain menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kementerian ESDM, Bambang Suswantono juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba) Kementerian ESDM.

Posisi Dirjen Minerba definitif memang cukup lama kosong. Menteri ESDM Arifin Tasrif pernah mengatakan, pihaknya tengah mencari orang untuk mengisi posisi tersebut. Saat ditanya kapan proses seleksi dibuka, Arifin bilang, pihaknya akan menyiapkan matang-matang.

“Nanti lah, kita siapkan dulu mateng-mateng, jadi nggak gagal lagi,” ujarnya, Jumat (01/09/23) lalu.