Tips Hadapi Teman & Keluarga Punya Hobi Pinjam Duit

Fajarpos.com
Fajarpos.com
Ilustrasi: Pinjam Uang

Simak beberapa tipsnya, dirangkum dari Moneymax:

Jangan Pernah Pamer Soal Kondisi Keuangan di Media Sosial (Medsos)

Salah satu alasan teman dan atau anggota keluarga kita ingin meminjam uang karena mereka tahu kondisi keuangan kita. Mereka seringkali melihat kita belanja, makan di tempat yang mewah seperi di restoran, dan rutin liburan setiap akhir pekan di hotel melalui akun media sosial.

Dengan kondisi itulah kita terlihat sebagai orang yang layak untuk diminta pertolongan karena secara finansial dianggap mampu. 

Nah untuk menghindarinya, hindari terlalu banyak berbagi tentang keuangan dan gaya hidup kita di media sosial. Karena jejak digital kita selalu dipantau oleh orang lain untuk tujuan tertentu, termasuk untuk dijadikan tempat untuk meminjam uang. Bahkan tidak perlu mengumbar soal aset dan atau tidak perlu memberi tahu kepada orang lain termasuk ke keluarga tentang aset kita disimpan dimana saja.

Pertimbangkan

Ketika Anda menerima telepon atau pesan dari seseorang yang ingin meminjam uang, salah satu hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah hubungan Anda dengan orang tersebut. Keputusan Anda akan tergantung pada seberapa dekat Anda dengan orang ini dan berapa lama Anda sudah saling kenal.

Jika orang itu adalah seseorang yang jarang Anda ajak bicara di pekerjaan Anda sebelumnya, atau hanya kenalan online, sangat mudah untuk mengatakan tidak dan berterus terang tentang hal itu.

Tetapi jika itu saudara, sepupu, atau bibi yang sangat dekat dengan Anda, tentu ini hal yang berbeda. Anda perlu mempertimbangkan kata-kata halus agar tidak menyakiti perasaan mereka dan juga membuat hubungan Anda tegang.

Exit mobile version