Peringati HUT Kabupaten Puncak Ke-14, Pelinus Balinal Ajak Masyarakat Perkuat Persatuan

Fajarpos.com
Fajarpos.com
HUT Kabupaten Puncak Ke-14

Kabupaten Puncak, Fajarpos Media – Kabupaten Puncak merayakan hari ulang tahun ke-14 pada tanggal 21 Juni 2022. Dalam semarak perayaan tersebut, Pelinus Balinal selaku Wakil Bupati mengajak masyarakat Kabupaten Puncak untuk tetap teguh dalam menjaga semangat persatuan.

Pelinus juga mengingatkan bahwa persatuan merupakan dasar pembangunan dari berbagai aspek di Kabupaten Puncak.

“Hari ini kita merayakan hari ulang tahun Kabupaten Puncak yang keempat belas. Artinya, sudah empat belas tahun Kabupaten Puncak diresmikan . Dalam momen ini, saya selaku Wakil Bupati mengajak kepada seluruh masyarakat untuk selalu membangun dan tetap menjaga persatuan. Sebab, persatuan merupakan dasar dari kemajuan. Baik kemajuan dari aspek SDM, pendidikan, kesehatan, atau ekonomi. Semuanya dapat kita raih hanya jika kita bersatu,” ucap Pelinus, Kamis (21/06/2022).

Dalam keterangannya, Pelinus juga menyinggung perihal konflik yang masih menjadi ancaman bagi persatuan. Menurutnya, konflik ini harus dihadapi dan diselesaikan bersama.

Terjalinnya kerja sama antara pihak pemerintah, TNI/Polri, dan masyarakat sipil, ancaman konflik yang ada di Kabupaten Puncak sangat mungkin untuk diredam bahkan diselesaikan.

“Saya juga ingin mengajak kepada seluruh pihak aparat keamanan seperti TNI dan Polri, serta kepada seluruh masyarakat Puncak untuk tetap menjalin kerja sama demi penyelesaian konflik yang ada. Karena hanya dengan kerja sama yang kuatlah ancaman konflik yang kita hadapi dapat disudahi,” ujarnya.

Sebagai tambahan informasi, Kabupaten puncak dibentuk pada tanggal 4 Januari 2008 berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2008, bersama-sama dengan pembentukan 5 kabupaten lainnya di Papua. Peresmiannya dilakukan oleh Mendagri Mardiyanto pada tanggal 21 Juni 2008.