Memahami Lisensi Creative Commons

Fajarpos.com
Fajarpos.com
Creative Commons (CC)

Lisensi Creative Commons

Lisensi Creative Commons merupakan lisensi hak cipta yang diterbitkan pada 16 Desember 2002.

Creative Commons adalah perusahaan nirlaba yang bermarkas di Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 2001. Creative Commons ini biasa disebut atau disingkat CC.

Pemberi lisensi Creative Commons menjawab pertanyaan singkat dalam memilih lisensi yang ingin digunakan.

  1. Apakah saya mengizinkan penggunaan untuk kepentingan komersial,
  2. Apakah saya mengizinkan pembuatan ciptaan turunan?

Apabila pemberi lisensi mengizinkan pembuatan ciptaan turunan, ia dapat pula memilih setiap pengguna ciptaan untuk melisensikan ciptaan turunan dengan lisensi yang memiliki syarat yang sama. Kami menamakan ide ini “BerbagiSerupa” dan ini adalah mekanisme yang (apabila dipilih) dapat membantu perkembangan dunia digital. Berbagi serupa terinspirasi dari GNU General Public License, digunakan pada banyak proyek perangkat lunak bebas dan terbuka.

Lisensi kami tidak memengaruhi kebebasan yang diberikan oleh hukum kepada pengguna ciptaan kreatif yang dilindungi hak cipta, seperti pengecualian dan pembatasan atas hak cipta seperti penggunaan wajar. Lisensi Creative Commons mensyaratkan pengguna ciptaan untuk mendapatkan izin untuk menggunakan tindakan yang menurut hukum membutuhkan izin dari pemberi lisensi dan tidak dinyatakan di dalam lisensi yang digunakan. Pengguna ciptaan harus memberikan kredit kepada pembeli lisensi, menyatakan bahwa ciptaan tersebut dilindungi hak cipta, dan menautkan lisensi pada salinan ciptaan. Pengguna ciptaan tidak dapat membatasi akses setiap orang terhadap ciptaan.

Jenis Lisensi Creative Commons

Lisensi hak cipta Creative Commons terdapat 6 (enam) versi yang wajib diketahui bersama:

Atribusi CC BY (Attribution CC BY)

Lisensi Atribusi CC BY (Attribution CC BY) memungkinkan orang lain mendistribusikan, mencampur, mengadaptasi, dan mengembangkan karya Anda, bahkan secara komersial, selama mereka memberi kredit kepada Anda untuk ciptaan aslinya. Ini adalah lisensi yang paling akomodatif yang ditawarkan. Direkomendasikan untuk penyebarluasan maksimum dan penggunaan materi berlisensi.

Atribusi-BerbagiSerupa CC BY-SA (Attribution-ShareAlike CC BY-SA)

Lisensi Atribusi-BerbagiSerupa CC BY-SA (Attribution-ShareAlike CC BY-SA) memungkinkan orang lain untuk mencampur, mengadaptasi, dan mengembangkan karya Anda bahkan untuk tujuan komersial, selama mereka memberi Anda kredit dan melisensikan kreasi baru mereka di bawah persyaratan yang sama. Lisensi ini sering dibandingkan dengan lisensi perangkat lunak bebas dan sumber terbuka “copyleft”. Semua karya baru yang dibuat berdasarkan karya Anda akan memiliki lisensi yang sama, sehingga turunan apa pun juga akan memungkinkan penggunaan komersial. Ini adalah lisensi yang digunakan oleh Wikipedia, dan direkomendasikan untuk materi yang akan mendapat manfaat dari penggabungan konten dari Wikipedia dan proyek berlisensi serupa.

Atribusi-Tanpa Turunan CC BY-ND (Attribution-NoDerivs CC BY-ND)

Lisensi Atribusi-Tanpa Turunan CC BY-ND (Attribution-NoDerivs CC BY-ND) memungkinkan orang lain menggunakan kembali karya untuk tujuan apa pun, termasuk secara komersial; namun, ini tidak dapat dibagikan dengan orang lain dalam bentuk yang disesuaikan, dan kredit harus diberikan kepada Anda.

Atribusi-Nonkomersial CC BY-NC (Attribution-NonCommercial CC BY-NC)

Lisensi Atribusi-Nonkomersial CC BY-NC (Attribution-NonCommercial CC BY-NC) memungkinkan orang lain mencampur, mengadaptasi, dan membangun karya Anda secara non-komersial, dan meskipun karya baru mereka juga harus mengakui Anda dan non-komersial, mereka tidak harus melisensikan karya turunan mereka dengan persyaratan yang sama.

Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa CC BY-NC-SA (Attribution-NonCommercial-ShareAlike CC BY-NC-SA)

Lisensi Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa CC BY-NC-SA (Attribution-NonCommercial-ShareAlike CC BY-NC-SA) memungkinkan orang lain mencampur, mengadaptasi, dan membangun karya Anda secara non-komersial, selama mereka memberi Anda kredit dan melisensikan kreasi baru mereka di bawah persyaratan yang sama.

Atribusi-NonKomersial-Tanpa Penurunan CC BY-NC-ND (Attribution-NonCommercial-NoDerivs CC BY-NC-ND)

Lisensi Atribusi-NonKomersial-Tanpa Penurunan CC BY-NC-ND (Attribution-NonCommercial-NoDerivs CC BY-NC-ND) adalah lisensi yang paling ketat dari enam lisensi utama, hanya mengizinkan orang lain untuk mengunduh ciptaan Anda dan membaginya dengan orang lain selama mereka mencantumkan kredit kepada Anda, tetapi mereka tidak dapat mengubahnya dengan cara apapun atau menggunakannya untuk kepentingan komersial.

Logo Lisensi Creative Commons

Logo Lisensi Creative Commons
Logo Lisensi Creative Commons

Sumber: Creative Commons & Wikipedia

Exit mobile version