Daun Binahong Ternyata Mampu Sembukan Penyakit Kronis

Fajarpos.com
Fajarpos.com
Foto Daun Binahong.

Tangerang, FP Sehat : Daun Binahong Ternyata Atasi Penyakit Kronis – Daun Binahong tumbuh sejak ribuan tahun silam dan dikenal sebagai tumbuhan yang memiliki khasiat untu kesehatan.

Secara turun temurun masyarakat China, Taiwan, dan Korea memanfaatkan Daun Binahong sebagai pengobatan alternatif atau dikenal juga sebagai pengobatan tradisional.

Daun Binahong (nama latin Anredera Cordifolia) dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit kronis. Bahkan hampir seluruh bagian daun binahong juga dapat dimanfaatkan untuk terapi herbal.

Berikut manfaat Daun Binahong bagi Kesehatan, yaitu berfungsi sebagai antioksidan, antiinflamasi, antibakteri, dan antinyeri, yang penting untuk mencegah penyakit. Selain itu, daun binahong juga mengandung senayawa alami yang kaya manfaat, seperti flavonoid, saponin, dan tanin.

Mencegah Diabetes

Daun Binahong digunakan untuk obat diabetes dan ini sudah digunakan secara turun menurun. Dan menurut hasil penelitian yang menemukan kemampuan daun binahong dalam menurunkan kadar gula darah setelah makan.

Kareba tumbuhan ini menghasilkan senyawa aktif, seperti flavonoid, steroid, dan kumarin dan ketiga senyawa itu bekerja dengan cara menghambat pemecahan dan penyerapan gula di usus, serta meningkatkan produksi dan fungsi insulin.

Menyembuhan Luka Bakar

Daun Binahong yang memiliki kandungan flavonoid, saponin, dan tanin, ternyata juga berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka.

Kandungan flavonoid efektif dapat mengurangi peradangan pada luka, saponin berperan sebagai antiseptik, yaitu mencegah infeksi bakteri dan mempercepat pembentukan kolagen, sedangkan tanin dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit luka dan menghentikan pendarahan ringan, sehingga luka menjadi cepat menutup.

Hipertensi dan Risiko Penyakit Jantung

Penderita hipertensi dapat mengonsumsi daun binahong, karena tumbuhan ini sangat bermanfaat untuk menormalkan denyut jantung dan meningkatkan produksi urine.

Dan manfaat tersebut juga memiliki efek yang sama seperti obat hipertensi penghambat beta dan diuretik. Bahkan, manfaat daun binahong juga termasuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan lemak dalam darah. Kombinasi kedua manfaat tersebut sangat baik untuk mencegah risiko penyakit jantung, seperti serangan jantung atau gagal jantung.

Meningkatkan Fungsi Ginjal

Jika dau binahong diekstrak, tenyata bermanfaat untuk meningkatkan fungsi ginjal, khususnya pada kondisi gagal ginjal kronis.

Manfaat ini sudah terbukti secara ilmiah melalui penelitian yang menemukan adanya perbaikan sel ginjal pada penderita gagal ginjal setelah mengonsumsi ekstrak daun binahong.

Asam Urat

Penderita asam urat atau sedang mengalami asam urat, daun binahong bisa dijadikan solusi untuk mengatasinya.

Dan manfaat daun ini telah dibuktikan melalui banyak penelitian. Karena dalam kandungan flavonoid daun binahong berkhasiat dalam menghambat pembentukan asam urat, sehingga mampu mencegah dan menurunkan risiko terjadinya asam urat.

Semoga bermanfaat. ***