Memulihkan (Recovery) Data SSD Mati, Gagal, dan Hancur

Fajarpos.com
Fajarpos.com

Fajarpos Media, Serpong – Menarik untuk dibahas tentang “Memulihkan (Recovery) Data SSD Mati, Gagal, dan Hancur”.

Pendahuluan

Pada saat perangkat drive SSD mengalami gagal booting atau bahkan mati di PC maupun Laptop. Kejadian ini pasti membuat kita sebagai pengguna panik dan pasti menimbulkan kekhawatiran terkait data yang tersimpan di dalam hardis.

Artikel ini akan mempelajari bagaimana cara mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan perangkat lunak pemulihan data hard disk EaseUS dan metode manual.

Oleh sebab itu menjadi pembahasan yang cukup menarik dalam pembahasan tentang “Memulihkan (Recovery) Data SSD Mati, Gagal, dan Hancur”.

Apakah Data dari SSD yang Mati, Gagal, atau Hancur dapat Dipulihkan?

Berdasarkan fakta yang ada pada saat mengalami kejadian ini pasti yang muncul pertanyaan dibanak kita:

  1. Bagaimana cara memulihkan data pada SSD yang gagal?
  2. Apabila SSD rusak, mati, gagal, apakah file di dalamnya dapat dipulihkan?
  3. Bisakah data dipulihkan dari SSD yang gagal?
  4. Apa yang harus dilakukan jika SSD saya mati tanpa memiliki backup?

Jika kita mengalami kasus seperti ini, ternyata masih ada harapan untuk dapat mengembalikan data yang disimpan di drive SSD yang rusak atau mati masih dapat dipulihkan.

Cara Memulihkan Data dari SSD yang Mati, Gagal atau Rusak

Dalam kasus ini, sebagian besar pengguna yang tidak mengetahui tentang cara memulihkan data SSD, bahkan kebanyakan merasa kesulitan.

Bagi yang mengetahui cara memulihkan data dari SSD yang mati akan menjadi lebih mudah. Cara terbaik untuk memulihkan data dari SSD yang mati atau gagal ikuti dua pilihan sebagai berikut:

Pertama, Perbaikan SSD di pusat perbaikan perangkat penyimpanan, Langkah pemulihan data manual dan perbaikan SSD yang gagal biasanya dapat menghabiskan biaya cukup besar bisa mencapai ratusan dolar. Dan cara ini membutuhkan waktu lama, yaitu sekitar 1 minggu.

Kedua, Terapkan perangkat lunak pemulihan data yang handal, Perangkat lunak yang memiliki kemampuan pemulihan data profesional menawarkan harga yang wajar. Dan dengan bantuan perangkat lunak ini dapat dilakukkan secara mandiri dengan panduan yang sudah disediakan.

Berikut merupakan perangkat lunak yang memiliki kemampuan pemulihan data/file: EaseUS Data Recovery Wizard. Perangkat lunak ini sengaja dirancang untuk pengguna yang ingin memulihkan file yang hilang dari hard disk mati, atau disk SSD yang gagal, atau perangkat penyimpanan lainnya yang menyebabkan kehilangan data secara tidak terduga.

Pengembang EaseUS menyarankan untuk mencoba cara kedua untuk memulihkan data dari SSD yang mati.

Cara yang kedua merupakan cara instan dan aman untuk melindungi data pribadi serta informasi pribadi. Dan ikuti metode atau tutorial di bawah untuk melakukan proses pemulihan data SSD yang mati.