Buah Bit, Simak 5 Manfaat Bagi Kesehatan

Fajarpos.com
Fajarpos.com
Buah Bit

Buah Bit adalah bagian akar tunggang dari tanaman bit. Bit ini dikenal di Amerika Utara sebagai bit, dan istilah lainnya bit meja, bit kebun, bit merah, bit makan malam (bit emas).

Bit merupakan salah satu dari beberapa Beta Vulgaris yang ditanam dengan akar tunggang dan daunnya dapat dimakan (disebut bit hijau).

Buah bit memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara rutin dan diolah dengan benar. Dan manfaat buah bit ini bagi kesehatan telah teruji secara klinis.

Buah bit juga memiliki cukup banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Artinya dengan mengonsumsi buah ini mampu memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan manusia.

Kandungan nutrisi dari buah bit antaranya lain, yaitu protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C dan masih banyak lagi.

Bahkan buah bit ini sering kali dimanfaatkan sebagai bahan ramuan obat alami untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Sebagaimana dilansir dari BBC Good Food, berikut beberapa manfaat buah bit untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

Meningkatkan Energi

Buah bit juga bisa dijadikan alternatif untuk meningkat energi. Tidak heran, buah bit kerap dijadikan buah untuk dikonsumsi para atlet karena mampu meningkatkan kinerja olahraga.

Buah bit juga membantu pemulihan karena ketika otot dalam keadaan istirahat, nitrat dalam buah bit membantu membawa lebih banyak oksigen ke sel otot membantu otot pulih lebih efisien.

Tidak hanya itu, buah bit juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sehingga buah bit sangat ramah bagi jantung. Nitrat membantu meningkatkan aliran darah dengan mengendurkan pembuluh darah, mengurangi kekakuan arteri, dan meningkatkan pelebaran yang berpotensi menurunkan tekanan darah.

Penurunan tekanan darah bermanfaat untuk menghindari penyakit jantung dan stroke. Studi menunjukkan bahwa makanan kaya nitrat seperti buah bit dapat membantu bertahan hidup dari serangan jantung.

Mengurangi Risiko Kanker

Salah satu manfaat buah bit untuk kesehatan tubuh yang cukup menarik perhatian adalah mampu mengurangi risiko kanker.

Hal tersebut dikarenakan buah bit mengandung sifat antikanker yang mampu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker, seperti kanker kandung kemih.

Mengandung Sifat Antiinflamasi

Manfaat buh bit untuk kesehatan tubuh yang tidak bolhe terlewat yaitu punya kandungan sifat antiinflamasi. Selain itu, buah bit juga mengandung cukup banyak antioksidan. Senyawa betalain yang bertanggung jawab atas warna merah akar, telah terbukti memiliki kemampuan antioksidan dan antiinflamasi yang tinggi.

Hal tersebut berarti buah bit membantu melindungi sel dari kerusakan dan dapat membantu melawan kondisi yang berkaitan dengan usia seperti penyakit jantung dan kanker.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat buah bit untuk kesehatan lainnya yaitu baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Pasalnya, buah bit adalah salah satu sumber serat, asam amino yang penting untuk pemeliharaan usus dan mencegah berbagai gejala sistem pencernaan.

(*)