Bandara Ngurah Rai Kembali Menjadi Bandar Udara Terbaik Di Dunia

Fajarpos.com
Fajarpos.com
Foto: Bandara Soekarno Hatta

Jakarta, FAJARPOS.com – Organisasi Kebandarudaraan Global (ACI) yang markasnya berada di Montreal, Kanada kembali memberikan pengharagaan kepada Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali atau yang lebih dikenal dengan Bandara Ngurah Rai untuk kategori bandara dengan kapasitas penumpang 15-25 juta per tahun.

“Pengharagaan ini diberikan berdasarkan survei kepuasan konsumen terhadap layanan bandara,” ucap Co-General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Sigit  Herdiyanto di Kantor Cabang PT Angkasa Pura I, Tuban, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (18/9/2018).

Bandara Bali keluar sebagai juara pada 2017, kata Sigit, setelah berhasil bersaing dengan 340 bandara di 85 negara yang melibatkan sekitar 600 ribu orang pengguna jasa bandara. Pengharagaan itu diterima Sigit dari Direktur Jenderal ACI World Angela Gittens di Halifax, Kanada, Rabu (12/9/2018).

Bahkan, selain penghargaan bandara terbaik dunia, Bandara Ngurah Rai yang menjadi bandara tersibuk di Indonesia ini juga berhasil meraih lain yakni peringkat kedua bandara terbaik di kawasan Asia Pasifik untuk penumpang di atas dua juta orang per tahun dan bandara terbaik berdasarkan ukuran dan wilayah di Asia Pasifik dengan kapasitas penumpang 15-25 juta per tahun.

Dengan mengacu pada penjelasan ACI, metodologi ilmiah yang digunakan dalam survei, di antaranya prosedur kontrol kualitas yang ketat dan komitmen netralitas menjadi survei kualitas layanan bandara untuk mengukur kepuasan pengguna jasa.

Beberapa keunggulan yang dimuat pada data tersebut, lanjut Sigit, diantaranya adalah kenyamanan ruang tunggu, petugas pelayanan dan keamanan, parkir mobil bertingkat, dan lingkunagan bandara yang nyaman.

Bandara Ngurah Rai juga kerap kali mengadakan acara hiburan yang sesuai dengan tema-tema tertentu. Misal, saat perayaan hari besar keagamaan atau disesuaikan dengan karakteristik khas musim liburan. (FNI)