Jangan Lakukan Ini! 5 Kelakuan Manusia yang Dibenci Kucing

Fajarpos.com Network
Fajarpos.com Network
Tatapan Kucing (Istimewa).

Tangerang Selatan – Kucing adalah hewan peliharaan yang populer dan menjadi sahabat bagi pemiliknya. Namun, ada sejumlah hal yang mungkin tidak sengaja Anda lakukan, dapat membuat mereka kesal atau bahkan stres.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dilakukan manusia, namun tidak disukai oleh kucing:

  1. Mengelus secara berlebihan: Sebagai pemilik kucing, Anda tentu tahu ada area tertentu pada kucing yang boleh dielus dan beberapa bagian cukup sensitif. Jika Anda mengelus bagian yang salah secara berlebihan, ia akan mendesis, mencakar, atau menggigit. Kucing bisa sangat sensitif terhadap rangsangan sentuhan, jadi penting untuk mengetahui di mana dan bagaimana Anda mengelusnya. Umumnya, bagian tubuh kucing yang aman untuk dielus adalah area sekitar kepala dan lehernya.
  2. Membuat bising: Karena memiliki pendengaran tajam, kucing tidak terlalu menyukai suara bising. Badai petir, kembang api, pertengkaran, dan suara keras lain dapat membuat kucing Anda stres. Dan stres kronis akibat suara keras dapat menyebabkan sejumlah masalah perilaku dan kesehatan, termasuk kegugupan, agresi, kurang nafsu makan, dan lain-lain. Oleh karena itu, kucing sangat membenci aktivitas manusia yang menghasilkan suara bising. Misalnya memutar musik terlalu keras, berteriak, atau membanting sesuatu.
  3. Ditinggal sendiri: Memang benar bahwa kucing dapat ditinggal sendirian lebih lama daripada anjing, tapi kucing tetap membutuhkan perhatian, persahabatan, dan kasih sayang. Saat Anda membiarkan kucing sendiri untuk waktu yang lama, akan membuat mereka gelisah dan mengembangkan perasaan cemas atau bahkan depresi. Jika Anda memiliki jadwal sibuk, pastikan untuk menyisihkan beberapa menit setiap hari untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama kucing Anda.
  4. Membentak: Kucing tidak suka jika dibentak atau dimarahi. Membentak dan memarahi kucing akan membuat perasaannya menjadi gelisah, bahkan trauma. Alasannya di antaranya karena suara bentakan manusia membuat kucing takut. Selain itu, kucing merasa terancam dan merasa tidak nyaman.
  5. Pelukan Gemas Berlebihan: Memang sering kali kucing bertingkah begitu lucu hingga Anda merasa gemas dan ingin memeluknya erat. Namun demikian, ternyata ini jadi salah satu kelakuan manusia yang dibenci kucing. Kucing menyukai perhatian dan usapan lembut. Hanya saja, usapan terlalu keras atau bahkan pelukan kuat, justru membuat kucing Anda tak akan merasa bahagia.

Dengan memahami dan menghindari perilaku-perilaku tersebut, kita dapat menciptakan lingkungan yang nyaman dan harmonis dengan kucing kesayangan kita.

(*)