Simak 10 Hal Yang Harus Dipersiapkan Untuk Mendaki Gunung Bagi Para Pemula

Fajarpos.com
Fajarpos.com
Mendaki Gunung

Fajarpos.com, Jakarta – Mendaki gunung membutuhkan persiapan matang, terutama bagi pemula yang belum memiliki pengalaman mendaki. Persiapan ini melibatkan aspek fisik dan perlengkapan guna meminimalkan risiko selama perjalanan.

Persiapan fisik melibatkan peningkatan kebugaran tubuh, stamina, dan kekuatan otot. Latihan reguler seperti berlari, hiking, atau kegiatan kardiovaskular lainnya dapat membantu mempersiapkan tubuh untuk tantangan mendaki gunung.

Selain itu, persiapan perlengkapan juga krusial. Ini melibatkan pemilihan peralatan pendakian yang sesuai, seperti sepatu gunung, pakaian yang nyaman dan sesuai cuaca, serta membawa perlengkapan darurat seperti obat-obatan, peta, dan sumber air yang cukup.

Dengan persiapan matang ini, diharapkan para pendaki, khususnya pemula, dapat menjalani perjalanan mendaki gunung dengan lebih aman dan nyaman.

Persiapan Mendaki Gunung bagi Pemula

Berikut sejumlah persiapan mendaki gunung bagi pemula yang dihimpun dari sumber Kompas.com dan Adventure.

1. Pastikan Fisik Prima 

Persiapan sekaligus syarat mutlak naik gunung adalah fisik yang prima. Untuk mendapatkan fisik yang prima, kamu perlu rutin olahraga secara rutin sejak jauh-jauh hari sebelum jadwal pendakian.

Sebab, mendaki gunung pastinya akan menguras tenaga. Apabila fisik pendaki kurang prima, dikhawatirkan akan terjadi risiko yang tidak diinginkan selama perjalanan.

2. Mulai dari Gunung Yang Ramah Pemula 

Bagi pemula, sangat disarankan untuk mulai mendaki dari gunung yang ramah pendaki pemula, seperti dilansir dari Adventure.

Gunung ramah pendaki pemula yang dimaksud dengan kriteria ketinggian yang tidak terlalu tajam, durasi pendakian lebih singkat, serta medan pendakian yang lebih mudah. Jika sudah mengenal medan pendakian, kamu bisa perlahan menaklukkan gunung yang lebih tinggi.

3. Jangan Mendaki Sendiri 

Pendaki pemula sangat tidak dianjurkan naik gunung sendiri. Sebaliknya, pendaki pemula bisa bergabung dengan komunitas atau teman yang sudah berpengalaman.

Mendaki gunung seorang diri akan sangat berisiko, baik bagi pemula maupun profesional. Terlebih apabila tidak ada persiapan matang serta tidak cukup informasi mengenai medan yang akan dilalui.

4. Gunakan Jasa Pemandu

Jika diperlukan, pendaki pemula bisa menggunakan jasa pemandu gunung untuk menemani pendakian pertamanya. Namun, pastkan bahwa pemandu gunung tersebut merupakan seorang profesional di bidangnya.

Para pemandu gunung resmi adalah mereka yang tergabung dalam Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI) dan memiliki sertifikat.

Para pemandu gunung profesional tersebut dipastikan telah mengetahui medan pendakian, informasi kegiatan pendakian, serta menguasai ketrampilan dasar naik gunung. Jadi, pendaki pemula tidak perlu khawatir selama pendakian pertama.

5. Bawa Perlengakapan Yang Tepat 

Selain fisik, persiapan yang tidak kalah pentingnya adalah perlengkapan pendakian yang tepat. Bagi pendaki pemula, tentunya masih asing dengan perlengkapan naik gunung sehingga perlu riset dan mencari informasi dari pendaki berpengalaman.

Ada sejumlah perlengkapan wajib untuk menghindari hipotermia di gunung. Meliputi, kantong tidur atau sleeping bag, jaket hangat berbahan polyester, jas hujan, pakaian ganti, dan makanan berkalori tinggi.

Tidak kalah penting bagi pendaki adalah memilih alas kaki yang tepat sehingga perjalanan lebih nyaman. Selain itu, perlengakapan dasar naik gunung lainnya seperti tenda, alat masak, matras, carrier, perlengkapan medis, dan alat navigasi.

Pastikan perlengkapan tersebut efisien sehingga meringankan beban kamu selama perjalanan.

6. Bawa Perlengkapan Medis 

Masih terkait dengan persiapan nomor lima, para pendaki wajib membawa perlengkapan medis, seperti dilansir dari Adventure. Hal ini tidak boleh dianggap sepele saat naik gunung.

Beberapa perlengkapan medis yang sangat dianjurkan untuk dibawa saat naik gunung seperti kotak P3K untuk mengantisipasi luka dalam perjalanan. Kemudian, pendaki dianjurkan membawa pulse oximeter, yaitu alat untuk mengukur saturasi oksigen.

Dalam kondisi saturasi oksigen di bawah 92, maka orang akan cenderung mengalami sesak nafas. Oleh sebab itu, pendaki sangat dianjurkan membawa botol oksigen portabel.

Terakhir, peralatan medis yang dianjurkan adalah heating pad atau bantal hangat untuk mencegah hipotermia jika suhu di puncak gunung sangat ekstrim.

7. Pahami Jalur

Seorang pendaki wajib mengetahui jalur pendakian, termasuk rute naik dan turun. Termasuk, durasi rata-rata naik dan turun gunung bagi pemula sehingga bisa mengkalkulasi persiapan fisik yang diperlukan.

Oleh sebab itu, pendaki pemula harus banyak mencari informasi seputar gunung yang akan didaki. Dalam perjalanan, upayakan tidak terpisah dengan rombongan.

Selanjutnya, beritahu keluarga dan teman terdekat mengenai rencana pendakianmu, seperti dilansir dari Adventure. Pastikan mereka mengetahui jadwal pendakianmu secara rinci, sehingga bisa memperkirakan waktu selesai pendakian.

Jika tidak ada kabar sesuai dengan jadwal, maka mereka bisa mengambil tindakan dengan segera untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan.

8. Mengetahui Prediksi Cuaca 

Selain rute, pendaki juga harus mengantongi seputar prediksi cuaca pada hari pendakian. Hindari memulai pendakian saat hujan turun, sehingga sebaiknya tunggu hujan reda baru mulai mendaki.

Jika memungkinkan, hindari mendaki lewat titik rawan aliran air di jalur pendakian demi keselamatan pendakian.

Jika membawa ponsel, matikan ponsel saat cuaca buruk. Sebab perangkat elektronik, termasuk smartphone tersebut rawan tersambar petir jika masih menyala. 

9. Berlatih Memasak atau Mengolah Makanan

Mendaki gunung membutuhkan ketrampilan baru, yakni memasak atau mengolah makanan. Pendaki pemula disarankan memiliki kemampuan dasar tersebut agar tak kesulitan saat berada di puncak gunung.

Dengan ketrampilan memasak tersebut, pendaki tidak bergantung pada makanan instan. Sebab, pendaki disarankan makan makanan sehat selama pendakian untuk menjaga stamina tubuh.

10. Tidak Meninggalkan Sampah

Salah satu etika dalam mendaki gunung yang wajib dipatuhi adalah tidak meninggalakn sampah di gunung. Jadi, bawa sampah pendakian saat turun gunung.

Tidak terkecuali sampah-sampah organik. Dengan demikian, kamu berkontribusi menjaga kebersihan di gunung dan melestarikan lingkungan.

Apabila kamu menyalakan api unggun di gunung, pastikan sudah padam saat ditinggalkan. Sebab, percikan api sekecil apapun bisa berisiko pada kebakaran hutan.  

Exit mobile version