11 Destinasi Alam Sumatera Barat Paling Populer dan Banyak di Kunjungi Para Wisatawan

Fajarpos.com
Fajarpos.com
Lembah Harau Sumbar.

Sumbar, FP Wisata – Di bawah ini adalah daftara Wiasata Alam di Sumatera Barat cocok untuk di kunjungi berlibur Bersama teman-teman atau keluarga:

Lembah Harau

Tempat dengan keindahalam berikutnya di Sumatera Barat Adah Indahnya Lembah Harau menjadikannya salah satu tempat wisata terfavorit wisatawan. Lembah Harau diapit dua bukit cadas terjal dengan ketinggian mencapai 150 meter berupa batu pasir yang terjal berwarna-warni, dengan ketinggian 100 sampai 500 meter.

Kesunyian di  Lembah Harau yang juga memiliki nilai kebudayaan dan agama yang masih tinggi di sana merupakan daya tarik tersendiri. Selain itu, terdapat pemandangan alam yang ditawarkan akan membuat energi terasa terisi kembali. Bagi pecinta olahraga ekstrem, patut mencoba panjat tebing setinggi lebih dari 50 meter.

Di sini pengunjung dapat memanjakan diri dengan pemandangan yang indah, serta menikmata kegiatan dari masyarakat setempat yang masih mempertahankan kearifan lokal. Adapun lokasi dari Lembah Harau terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Pantai Air Manis

Di pantai Air Manis terdapat batu yang diyakini sebagai Malin Kundang. Malin Kundang sendiri merupakan karakter dalam sebuah cerita rakyat dari sumatera yang terkenal karena durhaka kepada ibunya setelah menjadi kaya. Akibat perlakuannya yang membuat ibunya sakit hati, dia pun dikutuk oleh sang ibu menjadi batu.

Konon katanya, bebatuan yang berada di dekat batu Malin Kundang merupakan barang-barang tokoh tersebut yang juga ikut berubah menjadi batu. Kendati demikian Pantai Air Manis tidak hanya terkenal terkenal karena keberadaan batu Maling Kundang, akan tempat wisata yang berada Sumatera Barat tersebut juga terkenal dengan keindahan alamnya.

Gelombang ombak di pantai ini yang renda dapat dijadikan tempat untuk berenang di sekitar pantai, sembari memandang panorama indah Gunung Padang. Untuk berkunjung ke pantai Air Manis perlu menempuh kurang lebih 10 km ke selatan dari pusat Kota Padang. Lokasinya Berada di belakang Gunung Padang atau tepatnya di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang.

Pantai Nirwana

Pantai Nirwana adalah salah satu pantai yang terletak di tepi Barat Sumatera yang hanya berjarak sekitar 14 kilometer dari Kota Padang. tepatnya di Jl. Raya Padang-Painan, Teluk Bayur, Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat.

Pantai yang cantik ini juga berlokasi tidak jauh dari Pelabuhan Teluk Bayur yang sudah sejak zaman kolonial Belanda terkenal akan keindahannya alamnya.

Ketika berkunjung ke pantai ini pengunjung dapat menyaksikan berbagi kapal berlabuh maupun berlayar, baik kapal penumpang atau kapal dagang. Saat sore hari pemandangan sunset yang amat indah juga dapat dinikmatai dan menjelang malam pun akan tampak lampu yang berkilau menemani saat-saat indahnya pelabuhan Teluk Bayur tersebut.

Danau Singkarak

Danau singkarak merupakan sport untuk melihat ikan bilih yang merupakan endemik Singkarak, pengunjung bisa datang ke tempat wisata Sumatera Barat yang satu ini.

Ikan bilih pertama kali ditemukan oleh dua peneliti asal Belanda, Weber dan Beaufort, pada 1912. Ikan ini memiliki sisik perak berkilauan yang hanya bisa berkembang hingga ukuran sekitar 5 cm.

Sembari mengarungi danau dan melihat seperti apa bentuk ikan bilih, di Danau Singkarak juga bisa menikmati keindahan alam sekitar yang masih asri.

Danau Singkarak juga menjadi danau terluas di Sumatera Barat. Lokasi Danau Singkarak hanya 70 km dari Kota Padang. Letaknya berada di antara dua kabupaten, yaitu kabupaten Solok dan Tanah Datar dengan luas mencapai 107,8 km².

Jembatan Akar Bayang

Jembatan Akar Bayang merupakan jembatan unik yang menghubungkan kedua wilayah di Nagari Puluik-puluik, Pesisir Selatan. Di sana, Pengunjung akan menemukan deretan pohon beringin besar.

Menurut informasi dari warga setempat, pohon-pohon di sekitar jembatan ini sudah berusia puluhan bahkan lebih dari ratusan tahun. Letak dari jembatan ini berada di Sungai Batang Bayang yang lebih dari 15 meter menjulur dari akar panjang pohon beringin yang saling membelit satu sama lain.

Selain pemandangan dari Jembatan Akar Bayang yang unik, aakan dapat juga melihat keindahan aliran sungai. Biasnya anak-anak di sekitar kawasan kerap melompat dari jembatan untuk mandi di sungai dengan kedalam 2-3 meter.

Adapun lokasi dari Jembatan Akar Bayang terletak di di Desa Pulut-pulut, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Ngarai Sianok

Berlokasi di Bukittinggi Ngarai Sianok termasuk juga wisata alam Sumatera Barat yang tak kalah indah dengan Lembah Harau, Ngarai Sianok diibaratkan sebagai Grand Canyon-nya Sumbar.

Wisata yang beralamat di Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Bara ini memiliki panorama alam yang sangat indah. Pengunjung juga dapat bermain air atau sekadar nongkrong bersama teman di bawah ngarai ini.

Di Ngarai Sianok pula bisa menikmati pemandangan ngarai dari atas, dengan cara masuk ke Taman Panorama yang nantinya akan terlihat jelas keindahan alam asrinya.

Air Terjun Lembah Anai

Tempat wisata sudah tidak asing bagi para wisatawan, karena sering muncul di televisian lokal. Hal ini dikarenakan lokasi dari Air Terjung berada di pinggir jalan yang dapat dengan mudah untuk dikunjungi.

Lokasi dari Air Terjun ini berada di Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat. Dengan ketinggian sekira 35 meter tepat di tepi Jalan Raya Padang-Bukittinggi di kaki Gunung Singgalang.

Pengunjung tidak hanya akan menikmati air terjun ini dari mobil, namun bisa juga turun dan menikmati airnya yang dingin. Yang taka kalah penting juga di lokasi ini terdapat banyak penjual yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Kawasan Wisata Mandeh

Wista alam berikutnya terkenal dengan Raja Ampat-nya Sumatera Barat. Hal ini karena pesona dari Kawasan Wisata Mandeh yang hampir sama dengan pesona Raja Ampat yang sangat terkenal itu.

Bahkan sekarang pengunjung tidak hanya wisatawan domestic, tetapi sudah banyak pengunjung wisatawan mancanegara yang ingin menikmati keindahanalmnya. Di sini dapat menikmati keindahan daratan bahkan keindahan bawah lautnya tidak perlu diragukan lagi.

Lokasi Kawasan Wisata Mandeh letaknya berbatasan langsng dengan Kota Padang. Yang tepatnya berada berada di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat.

Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan kawasan pelestarian alam. Disini terdapat habitat bagi tumbuhan dan satwa penting, antara lain harimau sumatera, gajah sumatera, kelinci sumatera, tapir asia, padma raksasa Rafflesia arnoldii hingga cemara sumatera.

Taman Nasional Kerinci Seblat dijadikan salah satu dari tiga taman nasional yang masuk dalam Tropical Rainforest Heritage of Sumatera sejak 2004 bersama dengan Taman Nasional Leuser dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

Lokasi Taman Nasional Kerinci Seblat berada di Lubuk Gadang Selatan, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. Serta karena luasnya hampir 1.4 juta hektar membuat Taman Nasional ini berada di empat provinsi yaitu di Jambi, Sumatera Barat, Bengkulu dan Sumatara Selata.

Pulau Setan

Tempat wisata alam Sumatera Barat yang selanjutnya adalah Pulau Setan. Dilihat dari namanya mungkin terdengar menyeramkan, namun pesona yang ditawarkan sangat mengagumkan.

Pulau tak berpenghuni ini memiliki hamparan laut biru yang berpadu dengan perbukitan asri. Jika ingin berenang di Kawasan laut pulau ini tidak perlu khawatir, karena gelombang ombak di sekitarnya terbilang kecil.

Selain berenang, kegiatan wisata lain yang dapat di lakukan adalah mengelilingi pulau sembari melihat indahnya alam yang masih terlihat sangat hijau.

Pulau Setan berlokasi di Kawasan Objek Wisata Mandeh Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatra Barat.

Kepuulauan Mentawai

Bagi para wisatawan yang menyukai keindahan pantai dan keindahan alam bawah laut, tentunya Pulau-pulau di Mentawai tidak boleh dilewatkan.

Kepulauan Mentawai mempunyai empat pulau besar, yakni Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara, Pulau Pagai Selatan. Pulau-pulau tersebut memiliki keindahan alam, pantai dan keindahan laut yang masih jarang dijamah manusia.

Walaupun Pulau Mentawai kurang begitu diminati wisatawan domestik, tetapi bagi wisatawan mancanegara Mentawai adalah destinasi favorit. Hal ini karena Pulau Mentawai memiliki spot surfing yang sudah berskala internasional.