Rakernas Apeksi ke-XVI, Pilar Saga Ichsan: Pemkot Tangsel Tampilkan Berbagai Kerajinan Hingga Inovasi Teknologi

Fajarpos.com
Fajarpos.com
Wakil Wali Kota Pilar Saga Ichsan saat menghadiri Rakernas Apeksi ke-XVI (Domukentasi Kominfo Tangerang Selatan).

Makassar – Wakil Wali Kota Pilar Saga Ichsan menyampaikan Pemerintah Kota Tangerang Selatan menampilkan berbagai kriya, makanan hingga inovasi teknologi pada gelaran Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke-XVI. Dan gelaran Rakernas Apeksi ke-XVI dilaksanakan Kota Makassar, Rabu (12/07/23).

Pilar Saga juga menjelaskan bahwa berbagai kerajinan tersebut merupakan karya atau kreativitas yang dibuat langsung oleh warga Tangsel.

“Ini namanya Paviliun Tangerang Selatan, ada kriya khas, makanan khas dan beberapa teknologi yang dibuat warga Tangsel seperti VR dan sebagainya,” ucap Pilar.

Lanjut Pilar, bahkan di booth Pemkot Tangsel juga dihadirkan kesenian Gambang Kromong dalam rangaka menyambut para tamu dan atau pengunjung yang ingin melihat karya-karya kerajinan khas Kota Tangerang Selatan.

“Di LED juga kita perlihatkan destinasi wisata unggulan di Tangerang Selatan. Supaya masyarakat atau orang-orang di Apeksi ini tahu apa aja potensi di Tangsel dan utamanya mau visit Tangerang Selatan,” jelasnya.

Pilar juga meyakini pada booth Tangerang Selatan dapat ditemukan hal-hal menarik dan unik saat pengunjung melihatya.

Pada kesempatan yang sama Pilar Saga Ichsan membuka peluang atau minat kerja sama bagi daerah lain.

“Kalau mau bekerja sama misal di bidang kuliner, wisata, di sini ada standbye terus dari dinas terkait,” jelasnya.

Pilar menegaskan bahwa Pemkot Tangerang Selatan hingga saat ini terus mendorong pelaku UMKM naik kelas ke tingkat nasional. Maka pada gelaran Rakernas Apeksi ke-XVI adalah momentum yang boleh disia-siakan sebagai wadah promosi karya dan kerajinan dari para pelaku UMKM yang ada di Tangsel.

“Sampai saat ini, Pemkot Tangsel selalu mendampingi UMKM-UMKM yang ada di Tangsel. Baik itu dalam mengkurasi, bagaimana memberikan masukan, pelatihan baik itu packaging, mutu, kualitas. Terus pendampingan BPOM dan halalnya,” tagas Pilar Saga.

Pilar juga berujar, di setiap event-event yang dikuti atau yang mewakili Pemkot Tangsel, pasti para pelaku UMKM Tangsel dilibatkan dan menampilkan produknya.

“Kita ciptakan UMKM ini fleksibel, dan harus naik tingkat,” ujarnya.

Dan dikesempatan saat ini, kata Pilar, Pemkot Tangsel juga sambil mensosialisasikan event besar di Tangerang Selatan, yaitu Tangsel Marathon 2023.

“Tangsel Marathon juga kan ada di bulan September, mudah-mudahan masyarakat luar daerah seluruh Indonesia bisa mendaftar dan menikmati Indahnya Tangsel lewat Tangsel Marathon,” ungkapnya.

(Adv/Tangsel/IM)