Konsep Smart City, Pemkot Tangerang Dorong Realisasinya dalam Proses Pelayanan

Fajarpos.com
Fajarpos.com
Konsep Smart City

Tangerang Raya – Program Smart City atau Kota Cerdas Tahap I tahun 2023 tengah dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika secara daring.

Dan Kota Tangerang masuk daftar 191 dari salah satu kabupaten/kota di Indonesia yang mengikuti evaluasi program Kota Cerdas (Smart City) tahap I tahun 2023.

Menurut Walkot Tangerang H. Sachrudin mengatakan, bahwa program yang digagas Pemkot Tangerang bertujuan untuk mendorong berjalannya konsep Smart City dalam proses pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

“Secara garis besar diklasifikasi ke dalam enam dimensi pelayanan, yakni Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society dan Smart Environment,” jelas Sachrudin, dalam evaluasi Smart City yang berlangsung secara daring, Senin (12/6).

Sachrudin juga menyampaikan, bahwa Pemkot Tangerang juga menjalin kerja sama dengan instansi pendidikan yang ada di Kota Tangerang untuk menjalankan konsep Smart City.

“Kami menggandeng seluruh stakeholder yang ada di Kota Tangerang, agar pelayanan bisa optimal sesuai dengan kebutuhan,” tuturnya di depan sejumlah panelis yang berasal dari berbagai unsur dan praktisi.

Dalam hal pelayanan publik, Pemkot Tangerang tengah menyiapkan “Super Apps” yang menjadi pusat pelayanan publik dan dapat diakses dengan mudah hanya dengan menggunakan gawai.

“Namanya Tangerang Live, yang memuat berbagai aplikasi layanan, mulai dari layanan aspirasi hingga kontak kegawatdaruratan,” tutup Sachrudin.

Selain Kota Tangerang, sebagai informasi tambahan, kota dan kabupaten lain yang mendapat penilaian dari Kemenkominfo dalam program Kota Cerdas (Smart City) diantaranya Kota Bandung, Kota Magelang, Kota Semarang, Kota Tangerang Selatan dan sejumlah kota besar lain di Indonesia. (***)