Gawat!!! Pabrik Avanza-Xenia di DKI Jakarta Bakal Tutup

Fajarpos.com
Fajarpos.com

Jakarta, Fajarpos Oto – PT. Astra Daihatsu Motor yang disingkat dengan ADM bakal lakukan penutupan pabrik Line 1 Sunter Jakarta Utara.

ADM pada pabrik line 1 ini mereka memproduksi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia gerak roda depan dan belakang, serta Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

Penutupan line 1 ADM tidak lagi memproduksi Avanza-Xenia, bahkan pihak perusahaan belum memiliki plan yang jelas karena masih dalam masa studi perusahaan.

“Belum ada plan ke depannya untuk line 1 Sunter,” kata Direktur Marketing dan Direktur Corporate Planning & Communication ADM Sri Agung Handayani sebagaimana dikutip dari CNBC Indonesia, Senin (10/10/22).

Pada line 2 masih ada dan tetap beroperasi dengan memproduksi model Gran Max.

“Line 2 Sunter tetap (beroperasi),” kata Sri Agung.

Dengan menutup pabrik Line I Sunter, ADM akan mendirikan lini produksi ke-2 Pabrik Perakitan di Karawang.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing dengan teknologi terkini, serta memenuhi target karbon netral masa depan di Indonesia.

Keberadaan pabrik baru ini akan mengadopsi konsep SSC (Simple, Slim, Compact). Fasilitas ini dapat memenuhi berbagai aspek dalam melakukan aktivitas produksi kendaraan, seperti fasilitas produksi yang modern, lingkungan dan tempat kerja yang lebih aman dan nyaman bagi karyawan, kualitas dan tingkat pengiriman yang lebih cepat, memenuhi target karbon netral, serta manajemen energi yang lebih baik.

***