Apple Akan Meluncurkan iPhone 15 Pada Esok Hari

Fajarpos.com
Fajarpos.com
iPhone 15

Fajarpos.com, Jakarta – Apple akan menghadirkan seri terbaru ponsel mereka, iPhone 15, pada tanggal 12 September di Amerika Serikat atau dini hari tanggal 13 September di Indonesia. Apa saja inovasi yang akan diperkenalkan dalam iPhone 15?

Ponsel terbaru dari Apple ini akan diumumkan dalam acara yang disebut ‘Wonderlust’ yang akan diselenggarakan secara langsung dari Apple Park di Cupertino, California, Amerika Serikat.

Peluncuran iPhone 15 akan bersamaan dengan pengenalan Apple Watch baru dan berbagai seri perangkat lainnya. Acara ini akan dimulai pada pukul 13.00 waktu setempat di Amerika Serikat atau pukul 00.00 WIB di Indonesia.

Baru-baru ini, ada berbagai bocoran mengenai fitur-fitur baru yang mungkin akan hadir dalam iPhone 15. Berikut adalah rangkuman dari bocoran tersebut tentang fitur-fitur terbaru yang akan diperkenalkan dalam iPhone 15 yang akan diluncurkan besok.

USB type C

iPhone mengganti USB-Lightning ke USB-C. Ini merupakan rumor yang sudah lama bergulir dan apabila iPhone 15 benar diganti, berarti rumor tersebut akhirnya terwujud.

Menurut Bloomberg, hanya model iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang akan menerima port USB-C tahun ini. Mungkin transisi total bisa terjadi tahun depan dengan iPhone 16.

Fitur Dynamic Island

Fitur Dynamic Island pertama kali diperkenalkan pada iPhone 14 Pro dan Pro Max, yang menggantikan “notch” pada seri-seri sebelumnya. Untuk seri iPhone 15 fitur ini diduga akan diaplikasikan ke seluruh model.

Kamera 48 megapixel

Mengutip Macrumors, Analis Apple Ming-Chi Kuo yakin iPhone 15 dan iPhone 15 Plus akan mengadopsi kamera 48 megapixel, teknologi yang diperkenalkan Apple di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Desain sensor bertumpuk baru memungkinkan lensa menangkap lebih banyak cahaya untuk meningkatkan kinerja kamera dalam kondisi cahaya rendah. Analis Jeff Pu juga mengatakan model standar iPhone 15 mendatang akan menggunakan lensa 48 megapixel

Kinerja kamera yang akan semakin baik tentu akan semakin meningkatkan kualitas dan nilai jual dari iPhone 15.

Peningkatan ini disebut untuk kualitas gambar yang lebih baik dan “zoom” yang lebih dekat mencapai lima atau enam kali. Pembaruan Ini akan meningkat dari iPhone 14 pro yang hanya mencapai tiga kali zoom.

Prosesor Baru Chip A17

Laporan Macrumors menyebutkan Chip A17 yang lebih cepat akan terbatas pada iPhone 15 Pro dan Pro Max, sedangkan iPhone 15 dan iPhone 15 Plus akan mengadopsi chip A16 4 nanometer yang pertama kali digunakan pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Kode yang ditemukan di tvOS 17 telah mengonfirmasi bahwa iPhone 15 dan iPhone 15 Plus akan mendapatkan chip A16, bukan chip A17.

Bezel lebih tipis

Merujuk laporan Cnet, Apple akan menggunakan teknologi baru yang disebut “low-injection pressure over molding”. Teknologi ini sudah diterapkan di beberapa model Apple Watch dan akan membantu mengurangi bezel iPhone.

Hal ini kemungkinan akan memperbesar ukuran layar iPhone terbaru ini.

Peningkatan RAM

iPhone 15 yang akan meluncur dalam waktu dekat ini diduga akan mendapat peningkatan kapasitas RAM, dari semula 6gb menjadi 8 gb, mengutip Trendforce.

Peningkatan ini bertujuan untuk menyeimbangkan penggunaan chipset A17 Bionic.

Warna emas menghilang

Menurut laporan Mashable, pilihan warna iPhone 15 dan 15 plus terbatas pada warna hitam, hijau, biru, kuning, dan pink.

Sedangkan untuk iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, dikabarkan akan memiliki warna baru yakni Titan Gray, menggantikan warna Gold. Kemudian disusul dengan warna hitam, silver, dan deep blue atau dark blue.

Deep blue atau dark blue diduga akan menggantikan posisi warna deep purple pada seri iPhone 14.

Namun sumber dari Macrumors, menyebutkan bahwa, iPhone 15 akan hadir dengan warna biru, kuning, coral, hitam dan putih. Biru dan Coral akan menjadi warna baru tahun ini.

Prediksi harga

Macrumors memperkirakan harga model iPhone 15 akan tetap sama, dengan perangkat standar entry-level 6,1 inci, yaki mulai dari US$799 (Rp12,2 juta) dan iPhone 15 Plus 6,7 inci mulai dari $899 (Rp13,7 juta).

Exit mobile version