Profil Mahfud MD Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia ke-14

Fajarpos.com
Fajarpos.com

Tangsel, FP TOkoh – Mahfud MD, atau nama lengkapnya Prof. Dr. H. Mahfud Mahmodin, S.H., S.U., M.I.P. (lahir 13 Mei 1957) merupakan seorang politisi, akademisi dan hakim berkebangsaan Indonesia.

Pada saat ini ia menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia di Kabinet Indonesia Maju periode 2019–2024, pada Pemerintahan Presiden Joko Widodo-K.H Ma’ruf Amin.

Mahfud MD dilantik sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan oleh Presiden Joko Widodo tepatnya pada 23 Oktober 2019 dan menjadi orang berlatar belakang sipil pertama yang mengemban jabatan tersebut.

Dalam bigorafinya ia pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi Indonesia dan juga menjabat posisi menteri di era pemerintahan presiden Abdurrahman Wahid atau Gusdur.

Mahfud MD juga pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2008–2013 dan Hakim Konstitusi pada periode 2008-2013. Sebelumnya ia merupakan anggota DPR dan Menteri Pertahanan pada Kabinet Persatuan Nasional.

Ia meraih gelar Doktor pada tahun 1993 dari Universitas Gadjah Mada. Sebelum diangkat sebagai Menteri, Ia adalah pengajar dan Guru Besar Hukum Tata Negara di Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta.

Sumber FPTV Network : https://youtu.be/mibojcPXWls