KPK Periksa Sekjen Kementan Selama 11 Jam

Fajarpos.com
Fajarpos.com
Sekjen Kementan

Fajarpos.com, Jakarta – Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian (Kementan) Kasdi Subagyono telah selesai menjalani pemeriksaan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan kasus korupsi di Kementan.

Pemeriksaan Kasdi berlangsung selama 11 jam di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, pada Selasa (10 Oktober 2023).

Kasdi tampak meninggalkan gedung KPK sekitar pukul 20.31 WIB setelah menjalani pemeriksaan selama kurang lebih 11 jam. Selama pemeriksaan, Kasdi diberikan 17 pertanyaan oleh penyidik KPK terkait kasus yang sedang diselidiki.

“Ada 17 pertanyaan,” kata Kasdi kepada wartawan.

Kasdi mengaku nyaman saat diperiksa oleh penyidik KPK. Dia mengatakan akan mengikuti proses hukum yang berjalan saat ini.

“Tadi hari ini saya memenuhi panggilan dalam rangka saksi ya, tadi di sana saya sangat nyaman, karena penyidiknya ramah dan profesional, untuk selanjutnya kami akan terus mengikuti proses hukum ini,” ujarnya.

Namun Kasdi enggan menjelaskan lebih lanjut terkait pemeriksaan dirinya hari ini. Dia pun menyerahkan proses tersebut kepada KPK.

“Ya nanti teknisnya mohon di teman-teman media tanyakan ke penyidik,” paparnya.

Ketika ditanya terkait dugaan pemerasan di Kementan, Kasdi mengatakan telah memberikan keterangan yang diketahuinya kepada penyidik.

“Mohon tanyakan di sana, saya sudah sampaikan keterangan kepada penyidik,”

Pemeriksaan Kasdi Subagyono dimulai di gedung Merah Putih KPK pada Selasa (10 Oktober 2023). Kasdi tiba di gedung KPK sekitar pukul 09.08 WIB dan pada saat itu ia mengenakan batik lengan panjang.

Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri, telah mengonfirmasi bahwa pemeriksaan tersebut dilakukan terhadap Kasdi sebagai saksi dalam kasus yang sedang diselidiki oleh KPK.

“Benar, sebagai saksi untuk berkas perkara tersangka lain,” kata Ali kepada wartawan.

Kasdi merupakan salah satu orang yang dicegah ke luar negeri oleh KPK. Berikut ini daftar sembilan orang yang dicegah KPK ke luar negeri terkait kasus korupsi Kementan:

1. Syahrul Yasin Limpo (Menteri Pertanian RI)
2. Kasdi Subagyono (Sekjen Kementan RI)
3. Muhammad Hatta (Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan RI)
4. Zulkifli (Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementan RI)
5. Tommy Nugraha (Direktur Pupuk dan Pestisida Kementan RI)
6. Sukim Supandi (Kepala Biro Umum dan Pengadaan Kesekjenan Kementan RI)
7. Ayun Sri Harahap (dodokte)
8. Indira Chunda Thita (anggota DPR RI)
9. A Tenri Bilang Radisyah Melati (pelajar/mahasiswa)