Tips Aman dari Peretas atau Hacker Ala Firefox Monitor

Fajarpos.com
Fajarpos.com
Firefox Monitor, Peretasan Hacker

Firefox Monitor dan Peretas atau Hacker

Firefox Monitor

Firefox Monitor merupakan salah satu browser terkemuka dan membantu para penggunanya agar tetap aman. Firefox Monitor akan memberikan peringatan kepada para penggunanya terkait beberapa situs yang terkena hack. Bahkan Firefox Monitor menyediakan pengecekan alamat email/surel yang menjadi korban kebocoran data daring.

Dengan fitur ini Firefox Monitor menjadi browser canggih dengan menyediakan informasi para penggunanya apakah email yang terhubung dengan akun situs tertentu telah bocor ke pihak lain atau tidak. Firefox Monitor juga memberikan tips aman yang dapat dipelajari untuk melindungi akun daring menjadi lebih baik.

Siapa itu Peretas atau Hacker?

Peretas atau Hacker adalah orang atau komunitas yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer (Computer Network) secara paksa, baik untuk keuntungan pribadi, kelompok, dan termotivasi karena ada tantangan tertentu (untuk melakukan uji coba terhadap sistem keamanan suatu situs atau lainnya).

Memahami Cara Kerja Peretas/Hacker

Peretas/Hacker (selanjutnya akan disebut Peretas) seperti di film-film mereka mencoba untuk memecahkan kode (coding) pada komputer seseorang untuk mendapatkan file yang amat sangat rahasia dan itu nyata yang harus kita hadapi bersama.

Para peretas melakukan pencurian data dengan menarget perusahaan, termasuk individu tertentu. Mereka dituntut mendapatkan data sebanyak mungkin sehingga mereka dapat menggunakan, menjual kembali (ritel/grosir), dan memanfaatkannya untuk menghasilkan uang. Tujuan mereka beru terwujud setelah mendapatkan email, kata sandi, dan juga nomor HP.

Para peretas ini mencari kelemahan keamanan yang menjadi pintu masuk atau jendela terbuka. Mereka hanya perlu menemukan satu pintu atau jendela untuk masuk. Kemudian mereka mencuri atau menyalin sebanyak mungkin informasi baik data pribadi dan data penting lainnya.

Setelah mereka mendapatkan data para Penjahat Cyber dapat memulai pekerjaan nyata mereka. Kita tidak dapat memprediksi atas apa yang keinginan mereka lakukan dengan data yang mereka kumpulkan, akan tetapi biasanya mereka akan menemukan cara untuk mendapat keuntungan dari data tersebut. Bahkan bisa berdampak kepada hal-hal yang sangat serius jika tidak segera ditangani dengan baik.

Data yang dikumulkan para Peretas diantaranya informasi perbankan, nomor kartu bank, nomor ID yang dikeluarkan pemerintah, PIN, dan informasi kontak (email dan Nomor HP). Dari keseluruhan data tersebut amat sangat berharga karena dapat digunakan untuk mencuri identitas korban bahkan bisa mengambil uang sesuka hati mereka. Bahkan data-data tersebut sangat berharga karena dapat dijual di situs-situs gelap untuk mendapat keuntungan.

Kata Sandi Mudah Ditebak

Apabila para Peretas sudah mendapatkan alamat email dan kata sandi (password) yang terenkripsi, hal itu menjadi awal yang baik bagi mereka. Langkah selanjut para Peretas akan melakukan uji coba email dan kata sandi ini atau menebak dengan kata sandi yang paling populer atau lumrah digunakan orang. Bahkan mereka bisa melakukan scan kata sandi dengan tujuan dapat menampilkan kata sandi yang terenkripsi.

Berikut merupakan kata sandi mudah ditebak dan menentukan kata sandi yang kuat.

  1. 123456 dan kata sandi adalah kata sandi yang paling umum digunakan. Jangan gunakan itu.
  2. Mengganti huruf untuk simbol (p @ ssw0rd!) Adalah trik yang jelas diketahui oleh peretas.
  3. Hindari referensi tim olahraga favorit atau budaya pop. Gunakan sesuatu yang lebih tidak jelas.
  4. Jangan gunakan satu kata pun seperti sinar matahari, monyet, atau sepak bola. Menggunakan frasa atau kalimat karena kata sandi Anda lebih kuat.
  5. Jangan gunakan pola angka umum seperti 111111, abc123, atau 654321.
  6. Menambahkan nomor atau tanda baca di bagian akhir tidak membuat kata sandi Anda lebih kuat.
  7. Hindari penggunaan ulang kata sandi pada membuat akun tertentu. Intinya buatlah kata sandi yang berbeda pada setiap akun pada situs yang kita anggap penting.
  8. Buatlah kata sandi kombinasi yang terdiri huruf, angka, dan simbol.
  9. Nama hewan peliharaan
  10. Hindari kata sandi yang terafiliasi dengan tanggal penting, seperti ulang tahun pernikahan kita sendiri atau ulang tahun anggota keluarga.
  11. Hindari kata sandi yang terafiliasi dengan nama anak dan nama anggota keluarga lainnya.
  12. Hindari kata sandi yang terafiliasi dengan tempat kelahiran.
  13. Hindari kata sandi yang terafiliasi dengan liburan favorit atau terkait dengan tim olahraga favorit.
  14. Tambahkan lapisan keamanan dengan otentikasi dua faktor.

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Terjadi Pencurian Data

Beberapa langkah penting yang harus segera dilakukan untuk melindungi semua akun kita dan mengurangi resiko di masa depan. Terkait dengan langkah apa yang harus kita lakukan, simak pertanyaan berikut.

  1. Apakah data kita termasuk ke dalam pencurian data?
  2. Apakah kita mengalami keanehan atau kejanggalan terhadap akun kita?
  3. Kapan pencurian data itu terjadi?
  4. Pada saat ramai ada rilis atau perbincangan pencurian data, lantas apa yang mesti kita lakukan?

Jika kita mengalami dari beberapa kondisi yang dirangkum dalam pertanyaan diatas, hendaknya kita segera merubah kata sandi lama dan diubah ke kata sandi yang baru. Jika mengalami masalah atau tidak dapat masuk, maka segera hubungi helpdesk situs untuk menanyakan cara memulihkan atau mematikan akun.

Para peretas akan mencoba menggunakan kata sandi yang sukses ditebak untuk masuk ke akun lainnya. Setiap kata sandi hendaknya dibuat berbeda untuk setiap situs.

Tetaplah waspada, semoga bermanfaat…!!!