Konten Kreator (Content Creators) Bisa Jadi Bisnis Sampingan

Fajarpos.com
Fajarpos.com
Konten Kreator (Content Creators)

Beberapa tahun belakangan ini Konten Kreator (Content Creators) Bisa Jadi Bisnis Sampingan dan belum disadari oleh umum.

Kunci Menjadi Konten Kreator (Content Creators)

Untuk jadi konten kreator, Anda perlu memperhatikan dan mengembangkan beberapa hal.

Pilih Topik Konten yang MENARIK buat Anda

Anda bisa jadi penulis artikel, vlogger, bikin webseries, bikin slide, bikin infografik, bahkan komik sekalipun. Tapi apa isinya? Tentang apa? Apa yang jadi topik utama Anda? Apa spesialisasi Anda sebagai konten kreator?

Konten kreator perlu memiliki spesialisasi topik, bukan hanya untuk memudahkan mendapatkan pasar dan income, tapi juga untuk membuatnya lebih menonjol di topiknya. Tapi apa topik dan jenis konten ideal Anda? Solusinya mudah. Pilihlan konten, dan topik, yang SESUAI dengan Passion dan menarik untuk Anda!

MINAT Lebih Penting dari Bakat

Nggak perlu banyak mengkhawatirkan soal ‘bakat’. “Nggak berbakat” adalah alasan yang paling sering dipakai oleh orang yang nggak mau capek berusaha dan nggak mau terus mencoba, atau mudah menyerah dalam mencoba mengembangkan skillnya.

Saya nggak berbakat nulis, sampai saya memaksa diri belajar, dan sekarang jadi penulis.
Saya nggak berbakat ngomong, sampai saya maksa manggung, dan sekarang jadi Coach.
Saya nggak berbakat bisnis, sampai saya maksa belajar bisnis, dan sekarang jadi pengusaha.

Jadi mau tapi nggak bisa? CUEKIN! Terus kembangkan konten yang menarik minat Anda, dan kembangkan skill Anda sambil jalan!

Bangun Brand CHANNEL

Brand Channel adalah jalur atau channel media yang Anda pakai untuk menyampaikan dan menyajikan konten- konten Anda. Website, social media account, channel YouTube, dan sebagainya adalah brand channel.

Bangun brand channel Anda, dengan karakter yang sama, pesan yang sama, dan dengan fungsi konten yang saling mendukung satu sama lain. Sebisa mungkin, pakai nama yang sama di seluruh brand channel Anda.

Utamakan KREATIVITAS, bukan Harga

Kebanyakan kesalahan yang bikin calon konten kreator nyangkut di alam “kalau saja” dan dimensi “pengennya siihhh”, adalah harga. Mereka mau bikin vlog, dan menghitung biaya per episode yang dibutuhkan untuk produksi satu episode.

Rental kamera ideal x3, lighting mahal, audio equipment, kameramen, director of photography, penulis naskah, produser, tukang megang mic, tukang pel, bocah tetangga buat megang kucing, sewa kucing buat lari kiri kanan, sewa Dian Sastro buat bantu nyemangatin Anda latihan, daaaan sebagainya. Biaya jadi membengkak, dan Anda nggak jadi berkarya. Takut miskin duluan.

Jangan mikirin hal ideal dan harga yang kemahalan! Mulai bikin konten dari apa yang ada! Pada faktanya, konten di internet dinilai dari kreativitasnya, jadi untuk mulai jadi konten kreator, Anda cuma butuh laptop dan kamera HP yang bagus!

Mulai berkarya secara RUTIN

Apapun konten yang Anda buat, baik mau memusatkan diri di salah satu tipe konten (sebagai penulis artikel saja, atau komikus digital saja, dst) atau membuat berbagai jenis konten dalam satu topik (artikel tentang berkebun, tutorial animasi berkebun, infografik berkebun, komik berkebun, dst), yang penting adalah Anda perlu meluangkan waktu rutin untuk terus berkarya.