Marcos Sorato Resmi Sebagai Pelatih Timnas Futsal Indonesia, Piala Dunia Futsal 2024 Menjadi Target!

Fajarpos.com
Fajarpos.com
Marcos Sorato

Fajarpos.com, Jakarta – Marcos Sorato resmi ditunjuk sebagai pelatih Timnas Futsal Indonesia. Kedatangan Sorato diberi target tembus Piala Dunia Futsal 2024.

Ketua Federasi Futsal Indonesia (FFI) Hary Tanoesoedibjo menargetkan tembus keΒ Piala Dunia Futsal 2024 usai mendatangkan pelatih baru.

“Target besarnya itu masuk World Cup, itu target kita. Kalau AFC maupun pra kualifikasinya nanti Oktober. Kita harapkan Timnas Futsal Indonesia bisa Juara 1, jadi kita akan maksimalkan,” kata Hary dikutip dari Instagram pribadinya, Sabtu (5/8).

Tidak tanpa alasan FFI merekrut Sorato. Karena pelatih asal Brasil itu berhasil membawa negaranya menjadi juara Piala Dunia Futsal dua kali berturut-turut ketika menjadi juru taktik tim Samba.

Ini menjadi angin baru bagi Timnas Futsal Indonesia setelah pelatih sebelumnya, Mohammad Hashemzadeh mengundurkan diri dari jabatannya pada bulan lalu. Karena penggantinya memiliki catatan prestasi yang lebih mengesankan.

“Kita berikan yang terbaik untuk futsal Indonesia dengan menghadirkan Marcos Aurelio Sorato Zapelini. Marcos ini sudah sangat dikenal, berhasil membawa Timnas Futsal Brazil juara Piala Dunia dua kali, 2008 dan 2012. Peraih FIFA International Coach of The Year 2011,” ujar Hary.

Pelatih berusia 52 tahun itu diberi kontrak selama tiga tahun ke depan. Pengalaman 20 tahun sebagai pelatih dan segudang prestasi membuat Sorato dipercaya dapat meningkatkan pencapaian skuad Garuda.

“Ini menunjukkan bahwa futsal Indonesia serius untuk membangun futsal supaya lebih baik lagi. Coach itu harus yang bagus, memberikan pelatihan-pelatihan, teknik-teknik yang bagus, yang maksimal. Apalagi ini kan tim, jadi saling melengkapi, mengatur pemainnya siapa, di mana itu sangat-sangat penting,” ucap Hary.