Resmi Erick Thohir Jadi Pengurus PBNU, Usai Gantikan Ulil Abshar

Fajarpos.com
Fajarpos.com
Erick Thohir Jadi Pengurus PBNU

Fajarpos.com, Jakarta – Menteri BUMN Erick Thohir telah secara resmi bergabung dalam struktur Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Yahya Cholil Staquf, Ketua Umum PBNU, telah menunjuk Erick Thohir sebagai Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) PBNU.

“Saya sudah menandatangani SK baru, dan ketua Lakpesdamnya sudah berganti. Ketua Lakpesdam Erick Thohir,” kata Yahya saat membuka acara Pembukaan Muktamar Pemikiran NU 2023 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Jumat lalu, dikutip dari situs resmi NU pada Minggu (3/12/2023).

Muktamar Pemikiran NU 2023 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta pada 1-3 Desember 2023, merupakan acara yang diselenggarakan oleh Lakpesdam PBNU.

Erick Thohir telah ditunjuk sebagai Ketua Lakpesdam PBNU, menggantikan posisi Ulil Abshar Abdalla dan Hasanuddin Ali.

Forum ini membahas tema “Imagining the Future Society,” dan Yahya Cholil Staquf, Ketua Umum PBNU, berharap pergantian kepemimpinan di Lakpesdam PBNU akan membawa energi baru untuk mengembangkan operasional NU melalui peran Lakpesdam PBNU.

β€œKarena saya mau membangun teknokrasi dalam operasi organisasional NU dan Pak Erick orang yang sangat berpengalaman, mempunyai track record kinerja yang bagus sekali dalam soal itu,” ujar Yahya.

Ia menambahkan, di bawah kepemimpinan Erick Thohir, Lakpesdam PBNU dicanangkan sebagai Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas)-nya PBNU.

β€œSaya ingin membangun Lakpesdam ini menjadi Bappenasnya PBNU. Pak Erick sudah bersedia,” sebut mantan juru bicara presiden keempat RI Abdurrahman Wahid itu.

Sebelumnya, posisi istimewa Erick di sekitar Yahya Staquf dimulai ketika Ketua Umum PSSI tersebut menjadi anggota kehormatan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) pada 28 November 2021.

Yahya, yang merupakan kakak Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor, menyatakan bahwa Erick telah mengikuti seluruh rangkaian pendidikan dan pelatihan dasar yang mencakup berbagai aktivitas fisik, seperti jalan jongkok, merayap, mencari baret, hingga meneriakkan yel-yel.

Erick juga didapuk sebagai Ketua Steering Committee (Panitia Pengarah) peringatan Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) yang bertajuk “Mendigdayakan Nahdlatul Ulama, Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru” pada tahun lalu.

Saat itu, Erick berduet dengan putri Abdurrahman Wahid yakni Yenny Wahid yang berperan sebagai Ketua Organizing Committee (Panitia Pelaksana).