BUMN PT BKI Buka Lowongan Pekerjaan, Simak Secara Lengkap Syarat dan Cara Daftarnya

Fajarpos.com
Fajarpos.com
BUMN PT BKI Buka Lowongan Pekerjaan

Fajarpos.com, Jakarta – PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sedang membuka kesempatan bagi lulusan dari semua jurusan untuk mengikuti program Management Trainee (MT) dan khusus lulusan bidang teknik untuk Technical Trainee (TT).

Informasi ini diumumkan melalui akun resmi Instagram @bki_1964 pada tanggal (01/12/23). Saat dikonfirmasi, Corporate Secretary PT BKI Tony Andrianto turut membenarkan pengadaan program MT dan TT tersebut.

“Iya benar,” ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (03/12/23).

Berikut informasi lowongan kerja BUMN BKI pada Desember 2023:

Syarat lowongan MT dan TT BKI 2023

PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) merupakan perusahaan pelat merah yang memiliki kewenangan untuk mengklasifikasikan kapal niaga berbendera Indonesia dan kapal asing yang beroperasi di perairan Indonesia.

Klasifikasi ini melibatkan pengelompokan kapal berdasarkan aspek konstruksi lambung, mesin, dan listrik, dengan penilaian terhadap kelayakan kapal untuk melakukan pelayaran.

Menurut informasi yang diambil dari situs resminya, program Management Trainee (MT) di BKI adalah bagian dari inisiatif pengembangan calon pemimpin muda untuk BKI dan BUMN jasa survei lainnya, ID Survey.

Tujuan dari program ini adalah untuk mempersiapkan pemimpin masa depan BKI. Para peserta MT akan menjalani pelatihan guna mengembangkan keterampilan adaptif dan kemampuan berpikir yang progresif.

Sedangkan, TT adalah program pengembangan surveyor lapangan serta engineer pemeriksa dokumen di lingkungan perusahaan ini.

Peserta program ini disiapkan untuk menjadi surveyor dan engineer yang andal dalam pemenuhan kelayakan kapal atau unit terapung.

Berikut persyaratan yang harus dipenuhi calon pelamar MT dan TT di PT BKI:

  • Lulusan S1/sederajat atau S2 dengan segala jurusan (MT), serta lulusan S1/sederajat atau S2 jurusan Teknik Perkapalan, Teknik Sistem Kapal, atau jurusan yang relevan (TT).
  • IPK S1/sederajat minimal 2,75 dari perguruan tinggi akreditasi A/Unggul atau IPK minimal 3,00 dari perguruan tinggi akreditasi B/Baik.
  • IPK S2 minimal 3,25 untuk lulusan perguruan tinggi akreditasi A/Unggul atau IPK minimal 3,50 dari perguruan tinggi akreditasi B/Baik.
  • Untuk lulusan perguruan tinggi luar negeri, IPK S1 atau S2 minimal setara sebagaimana tersebut di atas, disesuaikan dengan akreditasi yang diakui.
  • Lulusan baru atau jika telah berpengalaman, memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun.
  • Usia per 1 Februari 2024 maksimal memasuki 25 tahun untuk lulusan baru S1/sederajat, serta usia maksimum 27 tahun (MT) atau maksimal 30 tahun (TT) untuk lulusan S2 atau S1/S2 yang telah memiliki pengalaman kerja.
  • Diutamakan memiliki pengalaman sebagai pimpinan di unit kegiatan mahasiswa.
  • Kemampuan berbahasa Inggris lisan dan tulisan dibuktikan dengan sertifikat TOEFL minimal 500 (PBT), 180 (CBT), 64 (IBT) atau IELTS minimal 5 ,0 dengan masa berlaku maksimum dua tahun terakhir sejak pendaftaran.
  • Jika memiliki kemampuan bahasa asing lainnya, agar disertakan sertifikat.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia.

Cara daftar lowongan kerja BUMN BKI

Bagi yang berminat melamar posisi MT atau TT di PT BKI, dapat mengisi formulir data diri di lamanΒ https://bit.ly/PendaftaranMT-TTBKI2023. https://widget.kompas.com/polling?site=tren