2 Pesawat Hercules Disiapkan TNI Untuk Angkut Bantuan Ke Palestina

Fajarpos.com
Fajarpos.com
Bantuan Ke Palestina

Fajarpos.com, Jakarta – TNI (Tentara Nasional Indonesia) telah menyiapkan dua pesawat Hercules C-130, yaitu A-1327 dan A-1328, yang dimiliki oleh Angkatan Udara, untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Palestina.

Pengiriman bantuan ini merupakan tindak lanjut dari arahan yang diberikan oleh Presiden Jokowi. Ini adalah langkah yang menunjukkan dukungan dan solidaritas Indonesia terhadap rakyat Palestina dalam situasi yang sulit.

“TNI menyiapkan dua pesawat Hercules dari Skadron Udara 31 dan 32. Selain itu, kita siapkan dua pesawat Hercules cadangan untuk mendukung misi tersebut,” ungkap Kepala Pusat Penerangan TNI, Laksda Julius Widjojono dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (2/11).

Dengan melibatkan pesawat carter, seperti Boeing 737 Garuda yang disewa oleh Polri, pengiriman bantuan untuk warga Palestina dapat menjadi lebih efisien dan terorganisir. Kolaborasi antara berbagai pihak, termasuk TNI dan Polri, untuk mendukung rakyat Palestina adalah tindakan yang sangat penting dalam situasi kemanusiaan yang kompleks seperti ini.

Semoga upaya tersebut dapat memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan kepada warga Palestina yang terkena dampak konflik.

“Sehingga total dukungan pesawat untuk mengangkut logistik bantuan kemanusiaan ke Palestina berjumlah tiga unit pesawat,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Julius, Kementerian Luar Negeri RI sedang mengajukan nota diplomatik visa terkait over flight clearance, landing permit, ground handling, dan lain-lain.

Sementara Kementerian Pertahanan RI membantu pembiayaan pengiriman bantuan.

Rencana Presiden Jokowi untuk melepas pengiriman bantuan kemanusiaan untuk Palestina adalah langkah penting dalam menunjukkan dukungan Indonesia terhadap rakyat Palestina.

Rute penerbangan yang meliputi beberapa kota dan negara menunjukkan kerja sama internasional dalam upaya bantuan kemanusiaan ini. Semoga pengiriman bantuan berjalan lancar dan dapat memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan kepada mereka yang terkena dampak konflik di Palestina.