9 Daftar Wisata Pantai di Aceh, Paling Sering Dikunjungi Wisatawan

Fajarpos.com
Fajarpos.com
Wisata Pantai Aceh

Aceh, FP Wisata – 9 Daftar Wisata Pantai di Aceh, Paling Sering Dikunjungi Wisatawan.

Berikut merupakan 9 wisata pantai yang paling sering dikunjungi para wisatatawan, setidaknya untuk menghilangkan penat.

Pantai Iboih, Sabang

Pertama dimulai dari paling ujung barat Indonesia, yaitu pulau Sabang. Di Pulau paling ujung Indonesia ini, terdapat banyak pantai dengan keindahan alam yang bersih dan alami.

Salah satu pantai yang terkenal di pulau ini yaitu pantai Iboih, pantai dengan hamparan pasir putih yang memikat, ditambah lagi air laut yang jernih dengan gradasi kebiruan yang mempesona.

Pantai Iboih juga dikenal dengan nama Teupin Layeu, berlokasi di seberang tepi barat Pulau Weh yang legendaris.

Pantai ini terbuka untuk para pengunjung datang atau pergi kapan saja, karena dengan pesona keiindahan alamnya akan melukiskan kenangan yang sulit untuk dilupakan.

Pantai Sumur Tiga, Sabang

Pantai Sumur Tiga yang juga berlokasi sekitar 2 kilometer dari Kota Sabang. Pantai ini dinobatkan menjadi garis pantai terpanjang di Sabang. Pantai ini berjarak.

Tekstur pasir yang lembut serta putih berkilauan, menjadikan pinggiran pantai cocok sebagai pilihan yang tepat untuk berjalan santai atau berlari-lari kecil.

Air lautnya juga tenang serta jernih yang dijamin bakalan ngebuat puas ketika memandangnya. Di pantai ini bisa juga sangat cocok untuk snorkeling, dan untuk masuk ke objek wisata ini pengunjung tidak dipungut biaya.

Pantai Lampuuk, Aceh Besar

Pantai Lampuuk menjadi salah satu wisata alam di Aceh Besar yang memiliki keindahan alam yang tak kalah dengan pantai-pantai di Indonesia.

Pasir putih bersih dan lembut, juga air lautnya yang biru menciptakan panorama indah membuat pantai ini begitu menakjubkan.

Lokasi wisata ini bertempat di Desa Meunasah Masjid, Lhoknga Kabupaten Aceh Besar, Aceh berada di jalur Banda Aceh Calang atau Aceh Jaya atau kira-kira 20 kilometer dari kota Banda Aceh.

Sayangnya untuk menuju ke kawasan wisata ini terbilang cukup sulit. Satu-satunya cara hanya dengan menggunakan kendaraan pribadi, sebab tidak ada angkutan umum menuju pantai ini.

Pantai Lhoknga, Banda Aceh

Pantai Lhoknga merupakan wisata populer akan sport Surfing dan memanciing. Untuk surfing, ombak Pantai Lhoknga yang besar dan garang yang menjadikan tempat ini popular di kalangan komunitas selancar internasional.

Para pengunjung juga dapat mencoba selancar di laut yang biru jernih dengan ombak setinggi 1,5 sampai 2 meter cocok untuk para pencinta olahraga dengan adrenalin.

Bagi pengantin baru yang ingin honeymoon, Pantai Lhoknga bisa menjadi alternatif untuk dijadikan tempat yang romantis.Sore hari di pantai Lhoknga sangat cocok untuk romantis bersama pasangan, yaitu dengan bersantai di tepi pantai sambil ditemani angin laut di dan cahaya langit yang mulai temaram.

Lokasi Lhoknga bertempat di Kecmatan Lhoknga, Kabupaten Banda Aceh, Provinsi Aceh.

Pantai Pasir Putih Lhok Mee

Pantai dengan hamparan pasir putih dan airnya jernih tampak kebiruan dari jauh, yang jadi salah satu surga dunia di Aceh yang sayang sekali untuk di lewatkan.

Panorama hijaunya pepohonan masih akan kalian rasakan dengan sensasi yang begitu mengagumkan bakalan menjadi pengalaman wisata yang baru bagi para pengunjung.

Lokasinya di Gampong Lamreh, Dusun Lhok Mee, Mesjid Raya, berjarak kira-kira 30 kilometer dari Kota Banda Aceh dengan mengambil jalan jalur Krueng Raya. Lokasinya cukup mudah diakses bagi kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Pantai Lhok Bubon

Pasir putih terpampang disepanjang pesisir dan rindangnya pepohonan berbagai jenis yang berjajar di sepanjang pantai, akan membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat wisata pantai Lhok Bubon ini.

Riak air laut yang sesekali mendengung di telinga, membuat kedamaian semakin terasa. Belum lagi hamparan laut biru yang ditawarkan semakin membuat wisatawan enggan rasanya meninggalkan pantai itu.

Sinar matahari yang terik tidak akan terasa di pantai ini, Sebab angin sepoi yang terus berhembus memanjakan kulit-kulit. Sembari pengunjung juga dapat menikmati sajian wisata kuliner laut (seafood) yang masih segar dan fresh.

Lokasi pantai Lhok Bubon bertempat di Desa Bubon, dengan jarak  kurang lebih 8 km dari Kota Meulaboh

Pantai Lange, Aceh Besar

Pantai Lange populer sebab memiliki pemandangan yang sangat indah. Di sini pengunjung bisa memanjakan diri dengan bersantai menikmati penorama pantai yang indah di mata.

Hal menarik yang terdapat di lokasi ini yaitu air mancur menyembur dari balik tebing yang juga dikenal sebagai Pantai Ie Rah, terletak di Gampong (Desa) Lam Lhom, Aceh Besar.

Keindahannya yang tersembunyi di dalamnya mencerminkan sebuah eksotisme yang tak tersentuh. Tak heran jika banyak wisatawan lokal dan dari mancanegara penasaran ingin berkunjung untuk melihat panorama pantai.

Terlebih lagi ada hiasan sawah dan perbukitan hijau di sepanjang jalan menuju lokasi dan beberapa pohon pandan besar mempercantik pemandangan alam di sekitar Pantai Lange. Garis pantai Lange bersih dan murni yang menjadi kuning pada sore hari.

Pantai Pusong Sangkalan

Pantai Pusong Sangkalan ini berjarak kurang lebih 3 Km dari Kota Blangpidie yang merupakan ibu Kota Kabupaten Aceh Barat Daya.

Pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia yang keadaannya masih sangat asri dan bersih. Bagi para pengunjung pantai ini  harus memperhatikan etika kesopanan. sebab masyarakat di sini masih merasa tabu jika melihat budaya berjemur atau berselancar ria.

Jika hanya ingin menikmati keindahan alamnya tidak ada masalah, hanya saja masyarakat tak mau tempat mereka dijadikan sebagai kawasan wisata seperti di Bali yang sangat bebas dan merusak tatanan budaya setempat.

Pantai Kuala Merisi

Meski langsung berhadapan laut lepas, pantai ini aman untuk berenang. Karena ombak di pantai ini tidak keras dan relatif tenang. Bahkan pengunjung dapat berenang di laut tanpa takut terbawa arus.

Pemandangan laut di pantai merisi jauh dari pulau lain yang dapat menyaksikan sunrise dan sunset dengan bebas. Karena mayoritas pendududuk di sekitar pantai beragama islam, jadi tidak boleh ada hal-hal yang melanggar syariat islam di sini.

Lokasi dari pantai Kuala Merisi bertempat di Keutapang, Krueng Sabee, Aceh Jaya.