Jorge Martin Raih Kemenangan Kontroversial di MotoGP Thailand 2023: Menang Meski Melanggar Aturan Tekanan Ban

Fajarpos.com
Fajarpos.com
Foto Duel Francesco Bagnaia (Pecco) vs Jorge Martin di Lintasan Balap MotoGP (Istimewa).

Buriram – Jorge Martin pembalap dari tim Pramac Ducati, berhasil meraih kemenangan dalam balapan MotoGP Thailand yang berlangsung pada Minggu, 29 Oktober 2023. Kemenangan ini diraih meski Martin terbukti melanggar aturan terkait tekanan ban.

Martin terbukti menggunakan tekanan ban di bawah regulasi yang dikeluarkan oleh Dorna. Menurut regulasi tersebut, tekanan ban depan harus ada di atas angka 1,88 bar (27,2 psi) sementara ban belakang ada di angka 1,68 bar (24,3 psi). Tekanan ban harus ada di atas angka tersebut setidaknya selama 50 persen balapan.

Namun, meski terbukti melanggar aturan tersebut, Martin tetap dinyatakan sebagai pemenang balapan. Hal ini menimbulkan pertanyaan dan kontroversi di kalangan penggemar dan tim lainnya.

Pada balapan tersebut, Martin berhasil menyelesaikan balapan dengan waktu 39 menit 40,045 detik. Dengan kemenangan ini, Martin berhasil memangkas jarak dengan Francesco Bagnaia dalam klasemen MotoGP 2023.

Kontroversi ini menjadi sorotan dan menimbulkan pertanyaan tentang keadilan dalam kompetisi. Meski demikian, kemenangan Martin menunjukkan keahliannya dalam mengendalikan motor di sirkuit yang menantang tersebut.

(*)