Anies Baswedan dan Cak Imin Dijadwalkan Akan Deklarasi Pada Esok Hari

Fajarpos.com
Fajarpos.com
Anies Baswedan dan Cak Imin

Fajarpos.com, Jakarta – Anies Baswedan dan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, dilaporkan akan melakukan deklarasi sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden di Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu (02/09/23).

Salah satu sumber dari internal koalisi Anies yang diwawancarai oleh CNNIndonesia.com menyebutkan bahwa deklarasi ini akan diselenggarakan di Hotel Majapahit, Surabaya.

“Akan ada deklarasi esok di Surabaya, Anies-Cak Imin. Sudah dikabari untuk ke Surabaya besok. [Deklarasi] di Hotel Majapahit,” kata sumber kepada Jumat (01/09/23).

Sebelum deklarasi, PKB akan menggelar finalisasi Rapat Pleno Dewan Syuro dan Tanfidzyah di Kantor DPW PKB Jawa Timur. Wakil Ketua DPW PKB Jatim Hikmah Bafaqih menyebut rapat finalisasi itu akan dihadiri jajaran DPW PKB se-Indonesia.

Wakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPW Partai NasDem Jatim, Vinsensius Awey, mengungkapkan bahwa pihaknya belum menerima informasi resmi mengenai agenda Ketua Umum NasDem, Surya Paloh, dan Anies Baswedan di Surabaya.

“Sampai sejauh ini belum ada informasi kepastian terkait jadwal kedatangan kunjungan kerja Ketum. Sabar aja. Nanti kalau sudah 100 persen pasti juga akan dihubungi,” kata Awey.

Sebelumnya, Partai Demokrat mengungkap Anies Baswedan menyetujui kerja sama politik Partai Nasdem dan PKB. Menurut Demokrat, keputusan itu dilakukan secara sepihak oleh Surya Paloh, sehingga mereka merasa dikhianati.

Sebab, Anies sebetulnya telah didukung oleh NasDem, Demokrat, dan PKS lewat Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). PKB pun saat ini tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju bersama Gerindra, Golkar, PAN, dan PBB mengusung Prabowo Subianto.

Surya Paloh pun mengatakan duet Anies dan Muhaimin kemungkinan bisa terjadi. Namun, keputusan belum final.

“Bisa terjadi. Keputusan itu belum puncak sepenuhnya,” kata Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Kamis (31/08/23)